Kamis, 29 April 2010

DUBES SERAHKAN SURAT KEPERCAYAAN PADA PRESIDEN AUSTRIA

DUBES SERAHKAN SURAT KEPERCAYAAN PADA PRESIDEN AUSTRIA

London, 30/4 (ANTARA) - Dubes LBBP RI untuk Republik Austria, I Gusti Agung Wesaka Puja menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden Austria Dr. Heinz Fischer di istana Presiden Hofburg Imperial Palace, Austria.

Penyerahan surat kepercayaan ini menandai dimulainya aktivitas Dubes I Gusti Agung Wesaka Puja sebagai Dubes di Austria, ujar Counsellor Pensosbud KBRI Austria, Sulistijo Djati kepada koresponden ANTARA London, Jumat.

Selain Austria, Dubes Puja juga merangkap memegang akreditasi untuk wilayah Republik Slovenia dan Wakil Tetap RI untuk PBB dan organisasi internasional lainnya di Wina (IAEA, UNIDO, CTBTO dan OPEC Fund).

Presiden Fischer yang baru memenangkan kembali jabatannya sebagai Presiden Austria dalam Pemilu 25 April lalu juga mengadakan pertemuan dengan Dubes.

Dalam pertemuan tersebut dibahas berbagai isu yang mencakup politik, ekonomi, peluang investasi dan perdagangan, dialog antaragama dan bencana alam.

Menyambut salam Presiden RI, Presiden Fischer menyampaikan salam hangatnya kepada Susilo Bambang Yudhoyono dan mendukung sepenuhnya keinginan Dubes RI meningkatkan hubungan bilateral antara Indonesia dan Austria.

Dubes I Gusti Agung Wesaka Puja dilahirkan di Bali, 11 Januari 1962, sebelum menjabat sebagai Dubes di Austria merupakan Duta Besar/Deputi Wakil Tetap RI untuk badan-badan PBB, WTO dan organisasi internasional lain di Jenewa, Swiss dari tahun 2006-2009.

I Gusti Agung Wesaka Puja bergabung dengan Kementerian Luar Negeri RI tahun 1986 dengan penugasan pertamanya adalah di KBRI/PTRI Wina dan berlanjut sebagai Counselor di PTRI Jenewa pernah menjabat Direktur HAM, Kemanusiaan dan Sosial-Budaya di Kementerian Luar Negeri.

Dalam forum internasional Dubes Puja juga terlibat aktif dalam proses perdamaian Aceh dan masuk dalam anggota Tim Perundingan Indonesia untuk penandatanganan Jeda Kemanusiaan.

Selain itu menjadi anggota tim Cessation of Hostilities Agreement difasilitasi Center for Humanitarian Dialogue hingga penandatanganan Helsinki Memorandum of Understanding yang diketuai mantan Presiden Finlandia Martti Ahtisaari.

Di tahun 2004, I Gusti Agung Wesaka Puja diangkat sebagai anggota Tim Utusan Khusus Presiden RI yang saat itu dipimpin Alm. Ali Alatas, meraih sarjana di UGM dan Master of Art dari Horrace H. Rackham School of Graduate Studies, University of Michigan, Ann Arbor, USA.

(T.H-ZG/B/R014/R014) 30-04-2010 07:31:41

Tidak ada komentar: