Selasa, 27 April 2010

JAWA-BALI DI MATA FOTOGRAPHER HUNGARIA

JAWA-BALI DI MATA FOTOGRAPHER HUNGARIA

London, 27/4 (ANTARA) - Sekitar 120 dari 5.000 foto karya fotografer Csaba Dane, hasil karyanya selama berkunjung ke Jawa dan Bali dipamerkan di kota Hajduhadhaz, kota yang mayoritas penduduknya etnik Hajdu, di Hungaria.

Dubes Indonesia untuk Hungaria, Mangasi Sihombing menyampaikan penghargaan atas upaya Csaba Dane yang secara tekun menjelajahi kota dan desa di pulau Jawa dan Bali serta merekam kehidupan masyarakat dan budaya di daerah tersebut.

Sekertaris II KBRI Budapest, Annie Puspa Rosita kepada korespoden ANTARA London, Selasa mengatakan di antara foto tersebut terdapat objek budaya seperti candi-candi kecil yang belum diidentifikasi dan memerlukan perhatian dari pihak berwenang.

Bahkan ada beberapa bangunan candi yang menjadi obyek Csaba Dane itu memerlukan renovasi agar tidak musnah.

Sementara itu Walikota Hajduhadhaz, Beres Laszlo dalam sambutannya menekankan pentingnya pameran ini bagi warganya untuk dapat memahami jalan kehidupan masyarakat di negara lain, dan mendapatkan manfaat dari hal tersebut.

Pameran foto tidak saja menampilkan suasana hiruk-pikuk di kota dan suasana hening di desa dan gunung-gunung juga merekam budaya, agama, dunia anak-anak, pendidikan, pembangunan fisik serta tradisi dan pesta-pesta rakyat.

Direktur Pusat Kebudayaan kota Hajduhadhaz, Mara Csosz menyampaikan harapan kerjasama ke di masa mendatang.
Annie Puspa Rosita mengatakan, Csaba Dane juga merupakan olahragawan dan guru (master) serta pendiri sekolah olahraga Wushu Kung Fu aliran Tai-Chi di Hungaria yang berpusat di kota Hajduhadhaz,
Sebagai guru olahraga bela diri, Csaba Dane suka memotret latihan-latihan Wushu Kung Fu di Indonesia, demikian Annie Puspa Rosita.

(T.H-ZG/C/T010/T010) 27-04-2010 05:30:47

Tidak ada komentar: