Jumat, 11 Mei 2012

"ACOUSTIC NIGHT"


PPI LONDON GELAR "ACOUSTIC NIGHT"

         London, 29/4 (ANTARA) - Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) London menggelar 'Indonesian Acoustic Night' guna mempererat rasa kekeluargaan di antara pelajar Indonesia yang ada di Kerajaan Inggris, sekalgus untuk menggali bakat seni yang dimiliki para pelajar.

        Ketua Panitia 'Indonesian Acoustic Night' 2012, Ray Zulham kepada ANTARA London, Minggu, mengatakan, acara yang didukung KBRI London itu dimaksudkan untuk mempererat rasa kekeluargaan di antara sesama mahasiswa dari Indonesia yang jauh dari ayah bunda dan sanak keluarga.

        Ketika membuka acara itu, Deputy Chief of Mission (DCM), Harry Kandou, berpesan bahwa selain mengekspresikan seni yang cenderung populer, pelajar Indonesia di luar negeri harus juga mau  mempromosikan seni dan budaya Indonesia kepada masyarakat luas.

        "Boleh saja kita mengapresiasi musik barat, tapi jangan lupa kita mengenal dan memahami musik dan budaya nasional kita," ujarnya.

        Menurut dia, potensi budaya Indonesia sangat besar di luar negeri, karena setiap acara yang mengangkat seni dan budaya Indonesia, selalu dibanjiri penonton. Bahkan pada beberapa sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas di Inggris, gamelan menjadi salah satu pelajaran pilihan.

        Hal ini membuktikan kesenian dan kebudayaan Indonesia sebenarnya memiliki tempat di masyarakat internasional. "Oleh karena itu saya mengimbau generasi muda untuk bisa mempromosikan budaya Indonesia. KBRI akan mendukung setiap usaha atau kegiatan promosi budaya tersebut," kata Harry Kandou.

        Ray Zulham  mengakui London dikenal sebagai kota yang memiliki banyak dan beragam universitas, sehingga pelajar Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di kota metropolis tersebut cenderung tersebar ke berbagai penjuru London.

        Diharapkannya acara yang diadakan PPI London yang diketuai oleh Rosyid Hakim itu mampu membuka jaringan pertemanan dan persahabatan di antara mahasiswa Indonesia di London yang berbeda universitas.

        Melalui acara ini dia berharap pertemanan yang terjalin di antara para pelajar dapat berbuah positif di kemudian hari.

        Acara I'ndonesian Acoustic Night' 2012 sendiri merupakan pentas seni sederhana yang menampilkan kemampuan tarik suara dari para mahasiswa Indonesia.

        Sebanyak lima pelajar berbagai bidang studi, tampil dan mencuri perhatian para penonton dengan suara indah mereka. Tidak jarang tepukan apresiasi dari penonton membahana di sela-sela penampilan mereka.

       Salah satu pengisi acara, Muhammad Fachry, mengungkapkan, tujuan acara yang ingin mempererat pertemanan di antara pelajar Indonesia di London bisa dikatakan tercapai. "Terbukti saya bertemu dengan orang yang memiliki minat yang sama," katanya.

        Melalui acara yang digelar di Ruang Crutacala Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Inggris Raya dan Irlandia Utara itu, dia juga mendapatkan kesempatan berkenalan dengan teman-teman baru.

       Fachry mengharapkan kepada panitia penyelenggara di masa datang  lebih banyak lagi pelajar yang dapat mengisi acara serupa, agar bakat-bakat yang sebenarnya ada di antara para pelajar bisa lebih tergali lagi. ***3*** (ZG)
(T.H-ZG/B/H-KWR/H-KWR) 29-04-2012 20:16:50

Tidak ada komentar: