Jumat, 11 Mei 2012

"FAMILY SPORT DAY


 
KBRI DENHAAG GELAR KEJUARAAN "FAMILY SPORT DAY"

          London, 7/5 (ANTARA) - KBRI Denhaag bekerja sama dengan Kesebelasan Wali Kota Seluruh Belanda dan Yayasan Lepra Belanda  menyelenggarakan kegiatan pertandingan sepak bola "Family Sport Day and Charity Football Match".

         Kegiatan yang berlangsung di SVV Scheveningen Sportpark "Houtrust" Den Haag, Minggu, itu merupakan pertandingan Kesebelasan Komunitas Indonesia di Belanda dengan Kesebelasan Wali Kota Seluruh Belanda (Burgermeesters Elftal).

         Pertandingan antara Kesebelasan Masyarakat Indonesia di  Belanda dan Kesebelasan Wali Kota Seluruh Belanda tersebut bertujuan untuk membantu proyek rehabilitasi penderita Lepra yang dilaksanakan Yayasan Lepra Belanda guna mengurangi penderitaan para penderita Lepra maupun cacat tubuh akibat penyakit lepra, demikian keterangan dari KBRI Denhaag yang diterima ANTARA London, Senin.

         Sebelum pertandingan berlangsung, Duta Besar RI untuk Kerajaan  Belanda, Retno L.P. Marsudi, mewakili masyarakat Indonesia secara  simbolis telah menyampaikan sumbangan sebesar 1500 kepada Kapten  Kesebelasan Wali Kota Seluruh Belanda,  A.A. J. Heijmans, yang  kemudian sumbangan tersebut langsung diberikan kepada Direktur  Lepra Foundation Belanda, Jan van  Berkel. 
    Selanjutnya, Menandai dimulainya pertandingan, Duta Besar RI, Retno L.P. Marsudi melakukan tendangan pertama. Duta Besar Retno L.P. Marsudi menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada para wali kota yang tergabung dalam Kesebelasan Wali kota Seluruh Belanda  dan Yayasan Lepra Belanda atas kerja sama dan upaya yang tidak mengenal lelah dalam menanggulangi penyakit lepra bersama Kementerian Kesehatan Indonesia.

          Tidak kurang 14.000-18.000 pasien Lepra baru telah diketemuka n setiap tahun di Indonesia, mulai dari wilayah Aceh, Jawa Barat, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Maluku, sampai Papua, maupun beberapa provinsi lainnya dimana Yayasan Lepra Belanda ikut  serta  membantu melakukan, penanggulangan, rehabilitasi, pengobatan pasien dan pelatihan tenaga medis sejak tahun 1967.

         Duta Besar Retno L.P. Marsudi menyatakan bahwa stigma sosial  termasuk masalah yang sangat serious  bagi para penderita penyakit  Lepra.  Hal penting lainnya, menyangkut bagaimana  masyarakat dapat memperlakukan dengan  baik  para  penderita Lepra  baik dalam  kehidupan sehari-hari maupun  di tempat kerja.

         Dubes Retno L.P. Marsudi berharap bagi kesuksesan Kesebelasan  Wali Kota Seluruh Belanda dalam merayakan hari jadinya yang ke-25 pada tahun 2013. 
    Menurut rencana  peringatan tersebut akan diisi dengan  pertandingan sepakbola dengan mitranya di Jakarta, mengunjungi  proyek Lepra yang dikelola Yayasan Lepra Belanda di Jawa Timur.

         Penyelenggaraa pertandingan sepakbola  amal  tersebut merupakan  kerjasama yang  KBRI Den Haag, masyarakat Indonesia di Belanda, Kesebelasan Wali Kota Seluruh Belanda dan Yayasan Lepra Belanda yang secara bersama-sama melakukan kampanye penyadaran menyangkut  masalah pencegahan dan penanggulangan panyakit Lepra. ***3***

(T.H-ZG/C/F002/F002) 07-05-2012 09:12:37

Tidak ada komentar: