Kamis, 31 Mei 2012

INVESTASI SPANYOL


PENGUSAHA SPANYOL ANTUSIAS BERINVESTASI DI INDONESIA

         London, 27/5 (ANTARA) - Para pengusaha Spanyol sangat antusias untuk melakukan usaha di Indonesia, diantaranya dengan akan melakukan kunjungan langsung ke Indonesia.

        Hal itu terungkap dalam safari seminar promosi perdagangan, pariwisata dan investasi yang diadakan KBRI Madrid di tiga kota yaitu di Madrid, Sevilla dan Barcelona, demikian Counsellor Pensosbud KBRI Madrid Theodorus Satrio Nugroho dalam keterangannya yang diterima di London, Minggu.

        Dikatakannya seminar yang diadakan bersama Kamar Dagang Nasional Spanyol, Consejo Superior de Camaras diikuti sekitar 130 wakil-wakil perusahaan di Madrid, Sevilla dan Barcelona yang  antusias melakukan usaha di Indonesia.

        Dubes RI, Ibu Adiyatwidi Adiwoso A, dalam sambutan pembukaan di tiga kota tersebut, menyampaikan tentang situasi perekonomian Indonesia yang terus bertumbuh dan solid serta situasi politik yang stabil dan demokratis.

        Dikatakannya pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini didukung dengan rencana Ekonomi Makro yang matang. Oleh karena itu Presiden Indonesia mencanangkan MP3EI, suatu masterplan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi Indonesia, ujarnya.

        MP3EI membutuhkan banyak kerja sama asing, baik dari segi investasi maupun perdagangan. Oleh karena itu Indonesia mengundang perusahaan Spanyol untuk datang dan melihat kesempatan yang ada di Indonesia.

        Menurut Dubes, selama ini Spanyol dan Indonesia belum saling mengenal potensi masing-masing. Dengan diadakannya seminar di tiga kota tersebut diharapkan bahwa jalinan kerja sama yang lebih erat dapat terjalin.

        Pembicara  dalam ke tiga seminar tersebut berasal dari Indonesia yakni Bastary Pandjil Indra dari Bappenas, Fritz Silalahi dari BKPM dan dari Kemenparekraf,  Lokot Ahmad Enda.

        Sementara itu Atase Perdagangan KBRI Madrid, Daniel Mewengkang, memberikan paparan mengenai kesempatan melakukan usaha dan kerjasama di Indonesia serta berbagai peraturan yang diterapkan di Indonesia.

        Seminar bertujuan menarik perusahaan Spanyol untuk melakulan kerja sama di Indonesia khususnya di bidang investasi, pariwisata dan perdagangan melihat semakin banyaknya minat perusahaan Spanyol untuk melakukan usaha di Indonesia selama dua tahun terakhir.

        Ketertarikan perusahaan Spanyol untuk melakukan usaha di Indonesia umumnya di bidang investasi pariwisata, energi terbarukan, informasi teknologi, pertanian, dan perdagangan makanan dan obat-obatan.

        Antusiasme pengusaha Spanyol yang ingin melakukan usaha di Indonesia tidak diimbangi dengan pengetahuan dan pengalaman mereka di Indonesia dengan masih sangat terbatas pengetahuan tentang Indonesia untuk itu perlu dilakukan pengenalan berkesinambungan.

    ***2***
(ZG)
 
(T.H-ZG/C/S004/S004) 27-05-2012 12:08:19

Tidak ada komentar: