Jumat, 11 Mei 2012

IR BUDIONO


IR BUDIONO TERIMA PENGHARGAAN DARI PUTRI ANNE

            London, 10/5 (ANTARA) -Putri Anne dari Kerajaan Inggris menyerahkan penghargaan berupa Whitley Award kepada pemimpin inspirasional konservasi Indonesia Ir  Budi Budiono, untuk karyanya dalam menyelamatkan lumba-lumba air tawar Irrawaddy.

          Penyerahan penghargaan kepada Ir Budi, pendiri-Direktur Yayasan Konservasi RASI (YK-RASI)  disaksikan sekitar  350 undangan termasuk perwakilan kedutaan, Whitley Fund for Nature donor dan lingkungan terkemuka diadakan di Royal Geographical Society di London,Rabu malam.

        Sekretaris Pertama Pensosbud KBRI London, Heni Hamidah  kepada ANTARA London, Rabu malam mengatakan dalam acara tersebut juga hadir Duta Besar RI untuk Kerajaan Inggris Raya dan Republik Irlandia, Teuku Mohammad Hamzah Thayeb.

         Dalam acara yang diselenggarakan Whitley Fund for Nature (WFN) - badan amal di Inggris yang menyelenggarakan skema penghargaan internasional Ir Budiono mendapatkan hibah dana sebesar 30.000  Pounsterling.

         Penghargaan Whitley terdiri atas hibah proyek sebesar 30.000 Pounsterling itu  disumbangkan WWF-UK dan berupa piala terukir, keanggotaan dari jaringan berpengaruh Whitley Award untuk  pengembangan pelatihan profesional.

        Penghargaan ini mengakui keberhasilan Budi yang memberikan dukungan bagi masyarakat bagi konservasi  disekitar Sungai Mahakam, Kalimantan Timur, Kalimantan, setelah mengadopsi air tawar terakhir di daerah itu lumba-lumba Irrawaddy - atau Pesut seperti yang dikenal secara lokal - sebagai lambang yang dibutuhkan dan bagaimana untuk membantu.

         Pejabat Direktur Whitley Fund for Nature, David Wallis mengatakan tujuan pemberian penghargaan Whitley adalah untuk mengidentifikasi dan mendukung konservasi dari seluruh dunia serta perubahan yang nyata dan positif dan memberi inspirasi bagi masyarakat dan satwa liar dan bagi habitat mereka.

        Para dewan juri sangat terkesan dan menilai bagaimana Ir Budi mengajak masyarakat dalam memberikan perlindungan kepada jenis Pesut dalam merancang kawasan lindung terhadap alam dan dalam mengubah bagaimana mereka hidup dan ikan untuk memberi Pesut sebuah kesempatan hidup yang lebih baik .

          Dalam acara yang sama juga diberikan penghargaan kepada Dr Rodrigo Medellin dari Meksiko yang menjadi penerima penghargaan baru berbentuk Emas Whitley untuk prestasi serta  dana proyek, sebesar 30.000 Pounsterling yang disumbangkan oleh The Friends of Whitley Funds for Nature.

        Penghargaan itu mengakui sumbangan yang signifikan secara global yang membuat konservasi dengan kelelawar sejak keberhasilannya dalam skema hibah kepemimpinan WFN pada tahun 2004.

         Selain itu, Putri Anne juga menyerahkan penghargaan kepada enam konservasionis lainnya dan dana 30.000 Pounsterling, yang sampai sekaran Whitley Funds for Nature telah menyerahkan hibah secara keseluruhan  240.000 Pounsterling.

         Dalam  acara pembagian penghargaan Putri Anne, dan undangan menyaksikan serangkaian film pendek menampilkan finalis di tempat kerja.  Pemutaran  film tentang karya Budi, dilakukan oleh penyiar satwa liar yang terkenal di dunia, Sir David Attenborough, yang juga seorang Dewan WFN.

        Penghargaan Whitley Awards  merupakan  kompetisi tahunan yang pertama kali diadakan pada tahun 1994. Sejak itu  Whitley Funds for Nature telah  memberikan penghargaan berupa hibah senilai lebih dari  6 juta Pounsterling untuk mendukung lebih dari 140 pemimpin konservasi di seluruh dunia.***3***
(ZG/b/a011)
(T.H-ZG/B/A011/A011) 10-05-2012 07:34:12

         

Tidak ada komentar: