Jumat, 11 Mei 2012

PENGHARGAAN


PENGHARGAAN WHITLEY AWARD PENGAKUAN INTERNASIONAL

            London, 12/5 (ANTARA) - Penghargaan Whitley Award yang diberikan kepada Ir Budi Budiono oleh Whitley Fund for Nature (WFN) merupakan pengakuan terhadap upaya yang dilakukan seorang putra Indonesia dalam melestarikan konservasi pesut atau dolpin air tawar.

           Hal itu disampaikan Dubes RI LBBP untuk Kerajaan Inggris dan Republik Irlandia, M Hamzah Thayeb kepada koresponden ANTARA London, Sabtu.

           Putri Anne, putri sulung Ratu Elizabeth yang menjadi patron WFN menyerahkan penghargaan kepada Ir Budiono, pendiri sekaligus Direktur Yayasan Konservasi RASI (YK-RASI) dalam pertemuan yang diadakan di Royal Geographical Society di London, disaksikan sekitar  350 undangan termasuk perwakilan kedutaan, Whitley Fund for Nature donor.

           Penghargaan Whitley yang terdiri atas hibah proyek sebesar 30.000 Pounsterling itu disumbangkan WWF-UK, untuk pengembangan pelatihan profesional.

           Lebih lanjut Dubes mengatakan penghargaan itu merupakan pengakuan dari apa yang dilakukan Ir Budiono dalam melestarikan pesut atau dolpin air tawar yang spesifik berasal dari Mahakam, Kalimantan Timur.

           Menurut Dubes, bila dilihat soal lingkungan baik flora maupun fauna, sangat erat kaitannya dengan kehidupan manusia, bahkan saling mempengaruhi, karena semuanya merupakan bagian dari satu ekosistem.

           Penghargaan serta donasi sebesar 30 ribu poundsterling diberikan untuk Yayasan Konservasi RASI yang didirikan Ir Budiono sejak tahun 2000.

           Dubes mengatakan program yang dilakukan Budiono akan mendapat dukungan, tapi yang lebih penting lagi adalah perhatian dan kesadaran akan konservasi dan pelestarian lingkungan oleh masyarakat luas di Indonesia dapat semakin meningkat. 
      Sementara itu Ir Budiono dalam acara pertemuan dengan para NGO serta pemenang lainnya mengakui bahwa ia merasa dan suprais mendapatkan penghargaan yang diberikan langsung oleh Putri Anne itu.

           "Senang sich, ternyata apa yang saya lakukan dalam upaya pelestarian ikan pesut ini mendapat perhatian dari masyarakat Inggris khususnya dari Whitley Funds for Nature," ujar Budiono.

           Menurut Budiono, apa yang dilakukannya adalah dalam rangka menyelamatkan pesut dengan mengajak masyarakat sekitar untuk melestarikan lingkungan khususnya menyelamatkan ikan pesut dari kepunahannya.

           Selain Budiono, Putri Anne juga menyerahkan penghargaan kepada enam konservasionis lainnya dan masing masing memperoleh dana 30.000 Pounsterling.         
       Penghargaan Whitley Awards  merupakan kompetisi tahunan yang pertama kali diadakan pada tahun 1994. Sejak itu Whitley Funds for Nature telah  memberikan penghargaan berupa hibah senilai lebih dari  6 juta Pounsterling untuk mendukung lebih dari 140 pemimpin konservasi di seluruh dunia. ***3***(ZG)
(T.H-ZG/B/H-KWR/H-KWR) 12-05-2012 19:54:43


Tidak ada komentar: