Jumat, 11 Mei 2012

YAYASAN NUSANTARA



         
YAYASAN NUSANTARA DIBENTUK DI MADRID

         London, 30/4 (ANTARA) - Masyarakat Spanyol yang cinta Indonesia membentuk Yayasan Nusantara untuk mempromosikan budaya Indonesia di negara itu. 
   Koordinator Fungsi Pensosbud Theo Nugroho kepada ANTARA London, Senin menjelaskan, Yayasan Nusantara merupakan organisasi non-profit yang pengurus dan anggotanya terdiri atas masyarakat Spanyol yang merupakan "Friends of Indonesia".

        Yayasan Nusantara diketuai Sr Francisco Lopez, Sr Francisco Lopez atau lebih dikenal dengan sebutan Pak Paco menyatakan dalam waktu dekat Yayasan Nusantara akan diresmikan.

         Hal itu disampaikan Pak Paco dalam makan siang bagi teman-teman Indonesia "El Almuerzo de los Amigos de Indonesia"  di KBRI Madrid baru baru ini.

         Yayasan Nusantara merupakan suatu organisasi non-profit yang pengurus dan anggotanya adalah masyarakat Spanyol yang merupakan ¿Friends of Indonesia¿ dengan tujuan mempromosikan Indonesia ¿ khususnya budaya ¿ di Spanyol. 
    Pak Paco menjelaskan bahwa dirinya adalah orang Spanyol namun hatinya Indonesia. Dia ingin agar Indonesia lebih dikenal di Spanyol karena begitu banyak hal-hal indah tentang Indonesia yang belum diketahui oleh Spanyol.

         Hadir dalam acara tersebut sekitar 50 undangan antara lain kerabat kerajaan Spanyol, Joseph Clonard Bourbon, didampingi istri dan anak, artis televisi, penari dan penyanyi yang belum lama ke Indonesia, Sonia Dorado dan Wakil Ketua Yayasan Nusantara, Dr Javier Gil-Perez  yang mengambil S-3 dengan mengambil tema Peran Partai Keadilan Sejahterah Dalam Politik di Indonesia.

        Dalam makan siang itu disuguhkan masakan Nasi Langi. Para undangan juga mendapatkan penjelasan mengenai Indonesia Hari Ini (Indonesia Hoy Dia) dalam bentuk slides.

        Video mengenai Yayasan SOS Children Village di Indonesia serta film tentang Sonia Dorado yang mengajarkan tarian flamenco kepada para anak dari Yayasan SOS Children di Bali.

        Suasana agak heboh ketika tampil dua tarian: Roro Ngingel dan Srikandi dengan iringan gamelan secara langsung yang dimainkan oleh grup Caraka Laras.

        Theo Nugroho menjelaskan bahwa acara El Almuerzo ini merupakan acara yang ketiga kalinya diselenggarakan.

        Tujuan dari acara ini adalah untuk lebih mendekatkan KBRI dengan masyarakat Spanyol sekaligus untuk memperluas Friends of Indonesia di Spanyol.

        Sedang dipikirkan untuk memperluas El Almuerzo tidak hanya diselenggarakan di Madrid tetapi juga di kota-kota lain di Spanyol bekerjasama dengan Yayasan Nusantara. ***3*** (ZG)
(T.H-ZG/C/S023/S023) 30-04-2012 15:39:15

Tidak ada komentar: