Jumat, 11 Mei 2012

RASULULLAH



SYAFII ANTONIO KUPAS KEHIDUPAN RASULULLAH

          London, 8/5 (ANTARA) - Pakar Ekonomi Syariah, Muhammad Syafii Antonio mengupas kehidupan Rasulullaah yang sukses baik sebagai pemimpin maupun sebagai manajer dalam acara pertemuan Kibar Gathering yang diadakan di London Central Mosque, London.

         Kibar Gathering diikuti lebih dari 320 masyarakat Indonesia yang tergabung dalam Keluarga Islam Indonesia di Britania Raya (Kibar)  yang berasal dari seantero Inggris Raya, ujar panitia Kibar gathering Eko Kurniawan kepada ANTARA London, Selasa.

         Dubes RI untuk Inggris Raya dan Republik Irlandia, diwakili Deputy Chief of Mission, Harry Kandau, membuka Kibar Gathering yang mengusung thema "Membangun Karakter Umat dengan Meneladani Rasulullaah SAW".

           Eko Kurniawan mengatakan rangkaian acara utama selama dua  hari tersebut terbagi menjadi beberapa sesi dengan pemateri utama Dr M Syafii Antonio, M.Ec yang membahas "Rasulullah Super Leader Super Manager".

           Syafii Antonio, mengupas kehidupan Rasulullaah yang sukses baik sebagai pemimpin maupun sebagai manajer mengajak peserta menapaktilasi kesuksesan Nabi Muhammad tidak hanya sebagai pemimpin keluarga, namun juga telah membuktikan kesuksesannya sebagai pemimpin militer, politik, dan bahkan negara yang wilayah kekuasaannya pernah mencapai sepertiga dunia.

          Dalam pertemuan itu juga digelar presentasi beberapa lembaga social Indonesia yang ada di Inggris antara lain IHSAN, Chariot for Children, dan Darussalam Biaunillah.

          Lembaga sosial tersebut memberikan berbagai laporan tentang kegiatan kemanusiaan yang mereka lakukan di berbagai daerah di Indonesia, program pemberdayaan keluarga miskin dan anak-anak yatim, serta mengundang hadirin untuk ikut berpartisipasi  dalam memberi bantuan mereka yang kurang beruntung di tanah air. Dalam pertemuan itu berhasil dikumpulkan dana tidak kurang dari seribu poundsterling.

          Dalam acara diskusi yang membahas Ekonomi Islam untuk dunia yang lebih baik oleh Syafii Antonio, banyak pertanyaan dan komentar dari peserta. Salah seorang peserta bertanya mengenai jiwa Rasulullaah sebagai seorang entrepreneur, mencerminkan bagaimana Islam sebagai suatu cara hidup mengatur dan mengajarkan umatnya untuk mandiri secara ekonomi dengan cara-cara yang elegan.

          "Rasulullaah was amanah (trust), but on top of it, he was fathanah (clever, skillful)," demikian diuraikan Sjafii ketika menggambarkan sifat Rasulullaah dalam berbisnis dengan para koleganya, sekaligus memotivasi peserta untuk meneladani sifat entrepreneur Rasulullaah SAW.

          Atase Pertahanan Republik Indonesia untuk Inggris Raya, Kolonel Nurcahyanto, membuka rangkaian materi di hari kedua acara Kibar Gathering dengan diskusi bernuansa kebangsaan dengan topik "Bela Negara bagi WNI di luar negeri".

          Pembicara mengajak seluruh warga Indonesia yang tinggal di Inggris untuk menjadi duta bangsa, memberikan kesan yang baik dan mengharumkan nama Indonesia di Inggris Raya.  "Bila Anda dapat membuat tetangga sebelah rumah memiliki persepsi yang baik tentang Indonesia, itu berarti Anda telah mengharumkan nama bangsa," kata Atase Pertahanan.

          Rangkaian materi ditutup dengan diskusi hangat bertopik "Asmaa'ul Husnah" dan "Harmonious Family of Rasulullaah" oleh Syafii Antonio. Peserta diajak untuk belajar menghafal 99 nama Allah dengan metode menarik, dan berdiskusi mengapa mengucap dan menghafal asmaa'ul husna tersebut penting dalam kehidupan seorang muslim, terutama untuk meraih kesuksesan.

           "(Strategi +kompetensi + aksi) x doa = sukses besar" adalah rumus meraih sukses yang diberikan oleh Syafii, memotivasi seorang muslim selalu melibatkan Allah dalam setiap usahanya.

           Dalam Gathering ini juga dilaksanakan serah terima ketua KIBAR dari ketua period 2011-2012 Abram Pradana ke ketua yang baru periode 2012-2013 Rahmat Sifaurrahman. 
      Ketua Umum Panitia Kibar Spring Gathering 2012 di London sekaligus Atase Pendidikan KBRI London, TA Fauzi Soelaiman secara resmi menutup acara Kibar Gathering dan menyampaikan terima kasih atas kerja keras seluruh panitia.

           Dikatakannya acara Kibar Gathering kali ini diikuti jamaah Pengajian Masyarakat Indonesia di London dan pengajian Al-Ikhlas London dengan dukungan dari pengurus KIBAR serta seluruh pengajian lokaliti se-Inggris Raya.***3***
(ZG)
(T.H-ZG/B/E001/E001) 08-05-2012 11:41:44

         

Tidak ada komentar: