Sabtu, 31 Juli 2010

DPR DI AUSTRIA

KOMISI V DPR PELAJARI KEBIJAKAN PERUMAHAN DI AUSTRIA

London, 30/7 (ANTARA) - Komisi V DPR RI dipimpin Ir.H.Mulyadi dari Fraksi Partai Demokrat dan Muhidin M.Said dari Fraksi Golkar, bersama 13 anggota delegasi lainnya dari lintas fraksi berkunjung ke Wina, Austria dalam rangka persiapan RUU Perumahan.

Kunjungan empat hari itu difasilitasi KBRI/PTRI Wina bertujuan mencari pengalaman implementasi kebijakan perumahan Austria, yang dapat menjadi pembanding bagi penyusunan RUU Perumahan di Indonesia.

Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI Wina, Djati Ismojo dalam keterangan pers yang diterima Antara, Jumat menyebutkan, delegasi Komisi V DPR terdiri atas anggota yang berasal dari F-Demokrat, F-Golkar, P-PDIP, F-PKS, F-PAN, F-PPP, F-PKB, F-Gerindra, dan F-Hanura.
Sebagai pengantar Dubes RI untuk Austria, I Gusti Agung Wesaka Puja menyampaikan pandangan mengenai pengelolaan kebijakan perumahan di negara tersebut.

Menurut Dubes, pilihan Komisi V DPR RI melakukan studi banding mengenai penanganan kebijakan perumahan di Austria sebagai langkah tepat, mengingat pengalaman kebijakan perumahan negara tersebut yang sudah mapan.

Dubes menekankan Austria menjadi salah satu contoh negara mendemonstrasikan hubungan khusus antara tipologi 'welfare state regime' dan bentuk kebijakan perumahan sosial.

"Austria mampu memperlihatkan secara konsisten pengelolaan 'housing policy' yang mencerminkan 'family type of welfare regime' dengan sentuhan paradigma corporatisme," ujarnya
Dengan demikian pengelolaan kebijakan perumahan di Austria tidak mengecilkan signifikansi kepentingan penghuninya (society interest) pada satu sisi, dan sekaligus tetap memperhatikan kepentingan ekonominya (commercial interest) pada sisi lain.

Selama di Austria, delegasi Komisi V DPR RI melakukan pertemuan dengan pengelola 'Socially Supported Housing Facility' dari Vienna Social Fund, Christine Petioky, Menteri Ekonomi Provinsi Federal Upper Austria, Mr.Viktor Sigl,
Selain itu bertemu dengan Direktur Perumahan Upper Austria, Wolfgang Modera serta melakukan pembicaraan dengan Ketua Komite Pertahanan Parlemen Austria, Brig. Gen. Dr. Peter Fichtenbauer dan Mr.Mussi Lukas, Liason Parlemen Austria.

Komisi V DPR RI juga berkesempatan melakukan kunjungan ke sejumlah kompleks perumahan seperti HausLeo dan projek perumahan LAWOG yang merupakan asosiasi perumahan non-profit yang dijalankan pemerintah setempat.

***3***
(U-ZG)
(T.H-ZG/C/S004/S004) 30-07-2010 13:03:00

Tidak ada komentar: