Minggu, 18 Juli 2010

PRASASTI JAKARTA

JAKARTA TERTERA PADA PRASASTI FERTRAKOS HUNGARIA

London, 18/7 (ANTARA) - Prasasti bertuliskan "Jakarta 11.000 KM" di kota Fertrakos, Hungaria yang berada di pinggir danau besar Ferto-to yang terletak antara Hungaria dan Austria, diresmikan Dubes RI di Budapest Mangasi Sihombing bersama Walikota Fertrakos.
Acara persermian prasasti Jakarta 11.000 Km itu dihadiri pejabat pemerintah daerah Fertrakos dan kota-kota sekitarnya serta Brigjen Pol. Dr. Zoltan Pantali dan Ibolya Pantali, Walikota Nagycenk, Otto Ivan Kovics, dan Wakil Walikota Sopron, Geza Abdai serta tokoh masyarakat setempat.

Sekretaris kedua, KBRI Budapest, Annie Puspa Rosita mengatakan Minggu, kota wisata Fertrakos setiap tahunnya menerima ribuan turis. Pemda setempat membuat sebuah prasasti batu di sebuah bukit yang dipahat nama-nama kota terkenal Hungaria dan manca negara diantaranya kota Jakarta.

Dikatakannya dari bukit Fertrakos pengunjung dapat menikmati panorama indah yang menembus jauh wilayah Austria bahkan di balik danau Ferto-to.

Dalam kunjungan ke Fertrakos, Dubes Mangasi Sihombing menyarankan agar kota Jakarta dapat diterakan dalam prasasti mengingat hubungan baik Indonesia-Hungaria. Usulan ini disepakati kedua pihak.

Bukit Fertrakos juga terkenal karena teater kotanya dibangun dalam gua Fertrakos yang merupakan bekas penambangan batu untuk membangun istana dan bangunan-bangunan penting dalam abad yang silam.

Walikota Fertrakos, Janos Pal Kovits menyambut baik dengan akan digelarnya kesenian Indonesia dalam teater ini dalam beberapa waktu yang tidak lama lagi.

Sebelum peresmian prasasti tersebut, Dubes berkesempatan memberikan ceramah di lembaga pemasyarakatan Sopron Kohida pimpinan Brigjen Pol. Pantali untuk pencerahan spiritual dan pengetahuan umum bagi para napi.

Ceramah ini merupakan yang ketiga kalinya oleh Dubes Mangasi Sihomning, kata Annie Puspa.

***4***
(U-ZG)
(T.H-ZG/B/S004/S004) 18-07-2010 10:49:46

Tidak ada komentar: