Sabtu, 31 Juli 2010

KRI DEWA RUCI DI KRISTIANSAND

KRI DEWA RUCI DISAMBUT HANGAT DI KRISTIANSAND

London, 29/7 (ANTARA) - Kapal bersejarah KRI Dewa Ruci yang pertama kali berlayar ke Jerman pada tahun 1953 merapat di Pelabuhan Kristiansand, Rabu, dalam muhibahnya mengikuti Tall Ships Races 2010.

Di bawah rintik hujan, kedatangan Dewa Ruci dengan prosesi atraksi untuk merapat yang spektakular memperoleh sambutan hangat dari masyarakat Norwegia pengunjung Tall Ships Races 2010 dan masyarakat Indonesia di kota Kristiansand dan sekitarnya.

Sekretaris Tiga KBRI Oslo, Febby Fahrani dalam keterangan persnya, Kamis, menyebutkan, sekitar 30 kapal-kapal kecil yang sedang berlayar di perairan sekitar pelabuhan turut mengiringi Dewa Ruci saat merapat di galangan sandar kota Kristiansand.

Sambutan khusus diberikan Dubes RI Oslo, Esti Andayani dan seluruh jajaran staf KBRI Oslo serta Atase Pertahanan RI untuk wilayah Norwegia berkedudukan di Berlin, Jerman, Fachri Adamy yang menunggu kedatangan KRI Dewa Ruci di galangan sandar kota Kristiansand.

Secara khusus, Dubes Esti Andayani mengalungkan rangkaian bunga anggrek kepada komandan KRI Dewa Ruci Letkol Suharto sebagai ucapan selamat datang di Norwegia itu langsung melakukan peninjauan ke kapal dan menyapa hangat kru dan kadet KRI Dewa Ruci di atas kapal.

Selama mengikuti Tall Ships Races 2010 di kota Kristiansand yang diikuti 81 kapal layar dari 18 negara ini, KRI Dewa Ruci dijadwalkan untuk menampilkan pertunjukan seni Indonesia di panggung utama pada tanggal 29 Juli 2010.

Penampilan Tim Kesenian KRI Dewa Ruci yang akan dibuka tarian gemulai Bajidor Kahot oleh kelompok Anak Indonesia dari KBRI Oslo akan mengawali prosesi pembukaan Tall Ships Races 2010.
Event dibuka Putri Mahkota Norwegia, Mette-Marit berlangsung dari tanggal 30 hingga 31 Jul, para awak KRI Dewaruci juga akan melakukan serangkaian kegiatan, di antaranya pertandingan olah raga melawan awak kapal peserta Tall Ships Races 2010, parade kota, pertunjukan seni di berbagai panggung dan resepsi diplomatik dengan menggelar kesenian tradisional dan menyuguhkan aneka makanan khas Indonesia.

Selama berlangsungnya Tall Ships Races pada tanggal 29 Juli hingga 1 Agustus, KBRI Oslo dengan dikomandoi Minister Counsellor Ekonomi, Wening Esthyprobo, juga melakukan promosi pariwisata dan investasi Indonesia.

Kristiansand, kota ke-lima terbesar di Norwegia dengan penduduk sekitar 81.295 jiwa tersebut, merupakan kota ke-tiga yang dikunjungi KRI Dewa Ruci dalam seluruh rangkaian Tall Ships Races yang telah dimulai di Antwrepen, Belgia pada tanggal 10 Juli 2010.

Sebelum tiba di Kristiansand, KRI Dewa Ruci bersandar di kota Aalborg, Denmark pada dan akan menuju kota Hartlepool, Inggris, kota terakhir dalam rangkaian Tall Ships Races.

Sebelum tiba di Kristiansand, KRI Dewa Ruci juga sempat mempromosikan budaya Indonesia sambil menikmati keindahan fjord di kota Arendal, sekitar 60 km dari kota Kristiansand. ***4***
(T.H-ZG/C/R014/R014) 29-07-2010 07:18:37

Tidak ada komentar: