Sabtu, 03 Juli 2010

KBRI HUNGARIA

Pemuda RI Dan Hungaria Gelar Tari Tarian di Sarmellek

Sabtu, 3 Juli 2010 05:37 WIB | Hiburan | Seni/Teater/Budaya | Dibaca 564 kali
London (ANTARA News) - Pertunjukkan tari dan musik tradisional Indonesia disambut meriah oleh masyarakat kota Sarmellek di dekat danau Balaton Hungaria yang terkenal saat digelar pertunjukan yang dilakukan Sungear Foundation dan Tim Sanggar KBRI Budapest.

Acara digelar di aula Erdei Iskola Sarmellek yang dikelola Pusat Perkemahan Sarmellek merupakan kerja sama keempat kalinya KBRI Budapest dengan Sungear Foundation yang mendapat dukungan Pemerintah daerah Hungaria, ujar Sekretaris Kedua Pensosbud KBRI Budapest, Annie P.Rosita Yunus kepada koresponden Antara London, Sabtu.

Dikatakannya Yayasan Sungear Foundation Hungaria itu bertujuan memajukan kelompok masyarakat "Roma" atau Gypsy, khususnya kaum mudanya.

Selama ini Pemerintah Hungaria memberikan perhatian kepada kelompok minoritas Gypsy Hungaria terlebih lagi setelah Uni Eropa memprogramkan pengintegrasian kelompok-kelompok ?Roma? di seluruh kawasan ke dalam masyarakat setempat sehingga mereka dapat mencapai tingkat kehidupan setara dengan warga lainnya.

Ketua Sungear Foundation, Imre Bogdan, dalam sambutannya, selain menyatakan terima kasih kepada KBRI, juga mengindikasikan rencana tur budaya Gypsy yang ingin berkunjung ke Indonesia.

Hal tersebut mendapat sambutan Dubes RI untuk Hungaria, Mangasi Sihombing yang menyampaikan wejangan bagi para pemuda dalam menyikapi perkembangan masyarakat dunia dewasa ini. Dubes juga mengemukakan promosi wisata Indonesia.

Pada malam kesenian tersebut pemuda ?Roma? menampilkan tari-tarian Gypsy yang sangat dinamis dan mendapat sambutan dari hadirin. Ikut hadir menyaksikan pertunjukan adalah para pejabat pemerintah kota Sarmellek dan tokoh masyarakat setempat.

Sementara tiga tarian daerah dibawakan Tim Sanggar KBRI yang terdiri dari Pratiwi Ananda Putri, Renata Suparmadi, Ukdah, Nemeth Andi, Alexander Riyanto, Kharisma Milad dan Neo Akbar.

Sedangkan musik tradisional dari Sumatra Utara dibawakan Agus Rohman, Jarot Rahardjo, Gabor Nemeth dan Yudhi Gunawan.

Tari-tarian Gypsy dibawakan secara bersama dan perorangan oleh Balazs Bogdan, Anna Bogdan, Katalin Papai, Mihaly Papai dan Josef Orsos.

Balazs Papai adalah penari top yang telah berlanglang buana ke manca negara termasuk Amerika Serikat, Kanada dan negara-negara Eropa.

Anna Bogdan, disamping sebagai penari adalah juga seorang intelektual dan berpredikat Ph.D dan aktif dalam Sungear Foundation, demikian Annie P.Rosita Yunus. (ZG/K004)

COPYRIGHT © 2010

Tidak ada komentar: