Rabu, 07 Juli 2010

PEKAN WISATA PRAHA

TARIAN INDONESIA BUKA PEKAN WISATA DI PRAHA

London, 7/7 (ANTARA) - Indonesia secara khusus diminta untuk membuka acara Pekan Wisata yang diselenggarakan Kebun Binatang Praha, Ceko.
Selama liburan musim panas, Kebun Binatang Praha mengadakan acara khusus dengan tema berlibur di berbagai pulau yang menyuguhkan atraksi dari berbagai negara, ujar Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Praha Azis Nurwahyudi, dalam keterangannya kepada ANTARA, Rabu.

Acara itu, kata dia, akan diawali dengan acara "Berkunjung ke Indonesia".

Dia mengatakan, untuk meramaikan acara berkunjung ke berbagai pulau Indonesia, KBRI Praha menampilkan Tari Kayau (Kalimantan), Tari Topeng (Jawa Tengah), Tari Rantak (Sumatra Barat) dan Tari Surilang (Jakarta) yang ditarikan oleh para penari Sanggar Tari Sekar Melati.

Menurut Azis Nurwahyudi, Rony Marton, penyanyi senior Ceko asal Indonesia yang kondang pada 1970-an, juga tampil membawakan lagu "Ayo Mama" dan "Goro-Goron" bertempat di Paviliun Indonesia.

Penampilan tari dan nyanyi itu juga untuk menyambut ulang tahun yang ke-25 orang utan betina bernama Upita dan acara berkenalan dengan Kama, orang utan jantan yang lahir di Ceko pada 1971.

Selama acara berlangsung, para pengunjung Paviliun Indonesia akan dibawa ke dalam suasana seperti layaknya di Indonesia yang panas dan lembab.

Di paviliun seluas 1.900 meter persegi itu, para pengunjung dapat melihat koleksi 70 spesies tanaman dan 1.100 ekor binatang tropis.

Selain orang utan, daya tarik lain di Paviliun Indonesia adalah komodo, yang diberikan oleh pemerintah Indonesia tahun 2002 dan sekarang telah beranak.

Pada April lalu juga telah dilakukan pemberian nama tujuh anak komodo oleh KUAI KBRI Praha di tempat yang sama.

Selain orang utan dan komodo, kebun binatang itu juga mempunyai koleksi harimau, gajah, kura-kura dan kelelawar. Kebun Binatang Praha pada tahun 2007 merupakan kebun binatang terbaik nomor tujuh di seluruh dunia.

Kerjasama Kebun Binatang Praha dengan Indonesia telah berjalan lama, di antaranya dengan Taman Safari di Jawa Barat dan penelitian mengenai kura-kura di Nusa Penida, Bali, kata Azis Nurwahyudi.

***4***
(T.H-ZG/C/s018/s018) 07-07-2010 17:23:08

Tidak ada komentar: