Sabtu, 31 Juli 2010

DUTA WISATA RI DI RUSIA

DUTA MUDA WISATA RI DI RUSIA BERTUALANG DI PULAU KOMODO

London, 26/7 (ANTARA) - Kepulauan Komodo menjadi daerah tujuan enam pemuda Rusia yang merupakan calon duta wisata Indonesia di Rusia dan setelah pulang, maka tugas mereka adalah mengajak kawan-kawannya untuk lebih mengenal, mencintai dan mengunjugi Indonesia.

Selama dua hari penuh, tiga wanita dan pria lajang dari negeri "beruang putih "itu melakukan penjelajahan di Pulau Komodo dan Pulau Rinca, demikian keterangan yang disampaikan Councellor KBRI Moskow M. Aji Surya, Senin.

Aji Surya menjelaskan meskipun kegiatan penjelajahan itu sangat melelahkan , hal itu tidak menyurutkan semangat menjelajah karena begitu banyak spesies langka yang ditemui, termasuk hewan komodo. Tidak lupa, mereka juga melakukan penyelaman untuk bisa mengagumi kekayaan laut Indonesia.

Seorang aktivis pemuda Rusia,Andrey Kurkirov mengakui pulau Komodo merupakan harta kekayaan dunia yang sulit dinilai. Bersama lima teman lainnya dan dikawal oleh Jos Manginsela dari KBRI Moskow, kawanan pemuda itu melakukan penjelajahan dibawah terik dan hawa panas.

"Komodo perlu dilindungi dan menjadi tanggung jawab seluruh umat manusia" demikian Andrey.

Kegiatan yang diikuti oleh enam orang pemuda-pemudi Rusia pencinta Indonesia ini yang berlangsung dalam misi familiarization trip ke Indonesia selama 10 hari (15-25 Juli 2010) ini didukung penuh oleh Kementerian Kebudayaan Pariwisata dan KBRI Moskow.

Selama di Indonesia, rombongan anak-muda Rusia yang terdiri atas mahasiswa dan profesional muda tersebut juga berkunjung ke Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Bali. Mereka juga mencicipi kemegahan candi Borobudur yang selama ini hanya bisa mereka baca dalam literatur dan internet.

Pada Kesempatan yang berbeda, mahasiswi Studi Indonesia dari Universitas Negeri Saint Petersburg , Karina Kudakaeva mengakui kegiatan ini merupakan pengalaman yang sulit dipercaya karena melihat dan mengalami sendiri begitu beragamnya keindahan alam dan budaya Indonesia yang seolah tidak ada habisnya.

"Ternyata masih banyak keindahan lain yang belum saya sempat alami dari misi ini dan merupakan impian saya untuk dapat kembali lebih sering ke Indonesia dimasa mendatang untuk menikmati semuanya," kata Karina dalam bahasa Indonesia yang fasih.

Program yang dikemas sebagai ?Duta Muda Pariwisata dan Persahabatan Indonesia-Rusia ditujukan pada upaya memperkenalkan kekayaan budaya dan keindahan alam kepada generasi muda Rusia yang memiliki minat dan kecintaan terhadap di Indonesia namun belum pernah ke Indonesia.

Setelah kembali dari Indonesia, para duta muda ini akan menularkan pengalamannya kepada teman-teman generasi muda Rusia lainnya.

***4***
(U-ZG)/B/A011)
(T.H-ZG/B/A011/A011) 26-07-2010 08:05:48

Tidak ada komentar: