Senin, 05 Juli 2010

Siswa/i LabSchool

Siswa/i LabSchool Jakarta Manggung di Univ Leeds Inggris

Senin, 5 Juli 2010 05:36 WIB | Hiburan | Seni/Teater/Budaya | Dibaca 889 kali
Siswa/i LabSchool Jakarta Manggung di Univ Leeds Inggris
Ilustrasi Pagelaran Tari (ANTARA/ Wahyu Putro A)
London (ANTARA News) - Pagelaran seni tari dan musik ditampilkan rombongan kesenian yang dibawakan oleh siswa-siswi LabSchool Jakarta berhasil memukau sekitar 150 pengunjung yang memenuhi gedung pertunjukan stage@leeds, Universitas Leeds di kota Leeds Inggris.

Counsellor Pensosbud KBRI London, Herry Sudradjat kepada koresponden Antara London, Senin mengatakan pagelaran budaya Indonesia tersebut merupakan bagian dari Acara Malam Apresiasi Indonesia untuk Konsorsium 13 Universitas Inggris.

Menurut Herry Sudradjat, ke 13 Konsorsium Universitas di Inggris itu memberikan beasiswa kepada pengajar universitas di Aceh yang disebut dengan Aceh Scholarship Scheme berlangsung sejak tahun 2005.

Dikatakannya para siswa-siswi LabSchool Jakarta menampilkan Tari Lenggang Nyai dari Jakarta yang dibawakan enam penari puteri yang melenggang-lenggok dengan pakaian tari yang berwarna cerah dan iringan musik gambang kromong Jakarta .

Acara kemudian dilanjutkan dengan penampilan tarian Indang dan Piring dari Sumatra Barat, tari Giring Giring dari Kalimantan oleh para penari putri serta penampilan musik perkusi oleh para siswa sekolah tersebut dan ditutup dengan tarian Aceh yang sangat dinamis dengan kostum tradisional Aceh berwarna warni.

Kelompok kesenian siswa dan siswi Labschool Jakarta tersebut mengadakan kunjungan ke Inggris selain tampil di acara malam apresiasi di Universitas Leeds tersebut juga tampil di pada resepsi pembukaan pameran Arsitektur Indonesia di London serta pagelaran kesenian di salah satu sekolah di Inggris.

Dikatakannya kunjungan siswa dari Labschool ke Inggris juga dimanfaatkan untuk berkunjung ke Universitas terkemuka lainnya di Inggris seperti Universitas Cambridge dan Oxford .

Acara kunjungan siswa dan siswi LabSchool Jakarta ke Inggris tersebut merupakan bagian dari program pertukaran promosi budaya bangsa oleh siswa siswi Indonesia yang digagas oleh KBRI London. Sebelum kembali ke Indonesia para siswa-siswi LabSchool tersebut diterima Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Inggris, Yuri Thamrin, di kediaman resmi Wisma Nusantara yang terletak di Hamstead, London . (ZG/K004)

Tidak ada komentar: