Rabu, 14 Juli 2010

WARGA KEHORMATAN

DUBES RI JADI WARGA KEHORMATAN RUDABANYA HUNGARIA

London, 15/7 (ANTARA) - Duta Besar Indonesia untuk Hungaria Mangasi Sihombing dianugerahi oleh pemerintah dan rakyat kota Rudabanya, Hungaria, sebagai Warga Kehormatan.

Pemberian gelar warga kehormatan tersebut diadakan dalam pertemuan di gedung kebudayaan Rudabanya yang dihadiri jajaran pemda, DPRD, dan tokoh masyarakat setempat serta diplomat dari Kedubes Slovakia, Jerman, dan delegasi Slovakia dari provinsi dan kota Dobsina yang merupakan tetangga Rudabanya.

Sekretaris kedua KBRI Budapest Annie Puspa Rosita, dalam keterangannya, Kamis, mengatakan, pemberian gelar kehormatan tersebut dikukuhkan dalam sertifikat yang ditandatangani oleh Walikota Lajos Szobota dan Sekda Arpad Sallai.

Pertimbangan pemberian penghargaan tersebut adalah atas perbuatan baik dan perhatian Duta Besar terhadap kota Rudabanya serta pengabdian dalam memperkenalkan budaya Indonesia pada masyarakat Hungaria.

Sejak 2007 KBRI Budapest telah menjalin kerjasama dengan pihak-pihak Rudabanya, termasuk Taman Nasional Gua Aggtelek, sekolah dan museum serta asosiasi etnik minoritas setempat. Pertunjukan kesenian dan pameran komoditi Indonesia sering dilakukan di wilayah Rudabanya termasuk di dalam gua Aggtelek.

Dalam keterangan itu, Dubes menjelaskan, pemberian penghargaan itu tidak disangka-sangka karena kehadiran dirinya untuk mengadiri sebuah acara di bangunan gereja tua yang berumur 750 tahun dan untuk pertunjukan kesenian.

Acara pemberian penghargaan dilanjutkan dengan pertunjukan kesenian Hungaria dan Indonesia yang dimulai dengan tarian remaja Rudabanya, kemudian tari dan musik Indonesia dan di susul dengan lagu-lagu oleh kelompok vokalia ibu-ibu Rudabanya yang juga membawakan lagu Indonesia.

Rudabanya sekitar 600 tahun lalu kehilangan statusnya sebagai kota, dan baru pada tahun 2008 memperoleh kembali status tersebut dari pemerintah pusat Hungaria dengan penambahan wilayah agar mampu menjalankan roda pemerintahan dengan sumber penghasilan yang cukup, demikian Annie Puspa Rosita.

***4***
(T.H-ZG/C/s018/s018) 15-07-2010 09:38:33

Tidak ada komentar: