Sabtu, 31 Juli 2010

JENAZAH ABK DI DURBAN AFSEL

KBRI PULANGAN JENAZAH ABK WNI DI DURBAN AFSEL

London, 30/7 (ANTARA) - KBRI Pretoria memfasilitasi pemulangan jenazah Oo Cahyana, anak buah kapal (ABK) warga Indonesia yang meninggal dunia di atas kapal ikan Taiwan, Xian Tian No.16 di lautan lepas sekitar 500 kilometer dari Afrika Selatan.

Cahyana meninggal dunia akibat pendarahan di kepala setelah membentur besi ketika kapal ikan tersebut diterjang ombak besar pada 12 Juli lalu, demikian Sekretaris Tiga KBRI Pretoria Rinaldi Ahza, dalam keterangan persnya yang diterima ANTARA, Jumat.

Menurut Rinaldi Ahza, sesuai permintaan keluarga almarhum di Indonesia, jenazah telah diproses sesuai ketentuan agama Islam dengan bantuan komunitas Muslim setempat di Durban.

Disebutkan, jenazah dimandikan dan dikhafankan kemudian dilakukan shalat jenazah di Masjid Sparks Road, Durban yang diikuti Duta Besar RI Pretoria.

Duta Besar RI yang kebetulan juga sedang berada di Durban dalam rangka kunjungan kerja menyempatkan datang untuk menyaksikan proses pemandian dan pengkhafanan dan turut serta dalam shalat jenazah.

Jenazah kemudian dipulangkan ke Indonesia dari Durban, Afrika Selatan menggunakan pesawat Emirate Airlines bernomor penerbangan EK 358.

Dari Durban pesawat menempuh rute Dubai dan langsung ke Jakarta, selanjutnya jenazah akan dimakankan di kampung halamannya di daerah Majalengka, Jawa Barat. (U-ZG)

(T.H-ZG/B/P004/P004) 30-07-2010 07:36:19

Tidak ada komentar: