Sabtu, 31 Juli 2010

MENBUD TUNISIA

MENBUD TUNISIA SAMPAIKAN APRESIASI KEPADA INDONESIA

Tunisia, 27/7 (ANTARA) - Menteri Kebudayaan Tunisia, Abdel Raouf El Basti, menyampaikan apresiasi terhadap keseriusan Indonesia dalam meningkatkan hubungan dan kerjasama bilateral RI-Tunisia di bidang kebudayaan.

Hal itu terungkap pada pertemuan Dubes RI Tunis, Muhammad Ibnu Said, yang didampingi Sekretaris III Pensosbud, Sugiri Suparwan, yang berlangsung di kantor Kementerian Kebudayaan di Tunisia, Senin siang.

Sugiri Suparwan dalan keterangannya kepada koresponden Antara London, mengatakan, Menteri Kebudayaan Tunisia, Abdel Raouf El Basti, dalam pertemuan yang berlangsung dengan hangat selama 15 menit tersebut itu menyampaikan apresiasinya yang mendalam.

Menteri El Basti dan Dubes Muhammad Ibnu Said sepakat kerja sama Indonesia-Tunisia di bidang kebudayaan tidak hanya terbatas pada tataran bilateral tetapi juga mencakup kerjasama kedua negara di organisasi internasional seperti ISESCO dan UNESCO.

Kedua pihak berkomitmen untuk meningkatkan kerjasama bilateral di bidang kebudayaan, baik dalam lingkup bilateral, maupun multilateral.

Menteri El Basti, intensitas kerjasama budaya antara Indonesia dan Tunisia meningkat secara berarti dalam beberapa tahun terakhir.

Pada tahun 2010, Indonesia menampilkan kesenian tradisionalnya di 12 festival internasional yang tersebar di seluruh penjuru Tunisia.

Apalagi dengan keikutsertaan misi kesenian Indonesia dalam berbagai peristiwa festival yang tengah berlangsung di Tunisia di musim panas, ujarnya.

Keikutsertaan Tim Kesenian Indonesia dalam berbagai event yang digelar di Tunisia tidak lepas dari kerangka Nota Kesepahaman (MoU) Kerjasama di bidang Kebudayaan yang ditandatangani pada tahun 2006 lalu.

Sementara itu, Dubes RI Tunis, Muhammad Ibnu Said, menyampaikan bahwa partisipasi tim kesenian Indonesia pada tahun 2010 ini dinilai sangat khusus karena dalam rangkaian memperingati 50 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Tunisia.

Dubes Ibnu Said juga menyampaikan terima kasih atas kerjasama yang baik yang selama ini terjalin dengan Kementerian Kebudayaan Tunisia, sehingga berbagai program promosi budaya Indonesia di Tunisia dapat berjalan dengan sukses.

KBRI Tunis bekerja sama dengan Kementerian Kebudayaan Tunisia, Selasa malam, mengadakan malam kesenian untuk memperingati perayaan 50 tahun hubungan diplomatik RI-Tunisia yang dihadiri undangan para menteri dan pejabat setempat, serta korps diplomatik dan komunitas seni di Tunisia itu ditampilkan kelompok musik Saung Angklung Udjo yang akan menampilkan angklung interaktif serta beragam tarian tradisional yang dibawakan tim kesenian dari UI yang tengah mengikuti berbagai festival, demikian Sugiri Suparwan.

(U-ZG)

(T.H-ZG/B/M012/M012) 27-07-2010 02:33:00

Tidak ada komentar: