Rabu, 21 Juli 2010

REKTOR UI GELAR "HC"

REKTOR UI TERIMA GELAR "HC" DARI LOUGHBOROUGH

London, 21/7 (ANTARA) - Rektor Universitas Indonesia Profesor der Soz Gumilar Rusliwa Somantri menerima gelar Doktor Honoris Causa (HC) dalam bidang sains dari Loughborough University, Inggris.

Prof Gumelar ketika dihubungi koresponden ANTARA London melalui telepon, Selasa sore waktu London, mengatakan, penghargaan tersebut pada dasarnya merupakan penghargaan kepada semua pihak atas apa yang dicapai UI dan juga dunia pendidikan di Tanah Air.
"Kami sekeluarga dan beserta warga UI menghaturkan terima kasih kepada banyak pihak yang telah membimbing dan membantu kami," ujar Prof Gumelar.
Pemberian gelar tersebut sebagai pengakuan atas kontribusi luar biasa dalam memajukan pendidikan khususnya Perguruan Tinggi di Indonesia.

Gelar Doctor of Science (Hon DSC) itu diberikan dalam satu upacara yang diadakan di Universitas Loughborough, Inggris, dua jam dari London, yang dihadiri Dutabesar RI untuk Kerajaan Inggris Raya dan Republik Irlandia Yuri Thamrin.
Ia mengatakan bahwa UI merupakan University of the Year UK 2009 versi Times dan dikenal mempunyai pusat riset "biological engineering" yang maju.

Dalam pidato pengukuhan gelar Doktor Honoris Causa (H.C) itu, Prof Gumelar mengupas tentang pentingnya pembangunan tradisi keilmuan yang maju di Indonesia.

Dikatakannya, dengan tradisi yang kuat , para ilmuwan akan mampu memberikan kontribusi pada upaya pembangunan masa datang. peradaban dan kemanusiaan yang lebih baik.

Menurut Prof Gumelar, dalam upaya membangun hal tersebut kolaborasi ditingkat nasional dan global penting dilakukan baik dengan pemerintah, masyarakat maupun industri.

"Namun hal penting yang tidak boleh diabaikan adalah untuk selalu menyertakan kebijaksanaan umat manusia dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga benar benar berguna bagi kemanusiaan, ujarnya.
Gumilar mengatakan, penilaian berupa penghargaan yang diberikan University Loughborough selain adanya jalinan kerja sama internasionalisasi pendidikan tinggi antara UI dan Loughborough, UI dinilai berhasil menjawab terobosan di bidang riset sains dan teknologi.

Selain Prof Gumelar pada saat yang bersamaan Sir Christopher Frayling, Mantan Ketua Dewan Seni, Inggris, juga mendapat kehormatan Doctor of Letters (DLitt Hon) sebagai pengakuan atas kontribusi luar biasa kepada pendidikan seni dan desain

"Award fo Leadership Excellence"
Selain menerima gelar Doktor Honoris Causa (H.C) Prof Dr des Soz Gumilar Rusliwa Somantri juga menerima penghargaan dari CMO Asia yang berpusat di India.

Penghargaan berupa Award for Leadership Excellence dari itu akan dilakukan di Singapura tanggal 23 Juli mendatang. Patron dari CMO Asia adalah para global marketing leaders.

"CMO Asia participating countries" adalah 52 negara di Asia termasuk Turki, Jepang Israel, China, Irak, Korsel, Kuwait, Jordan Cyprus, Arab Saudi, Rusia.

Alumni atau penerima penghargaan ialah para CEO dari perusahaan2 marketing dan iklan nomor satu di dunia seperti Bennett Coleman, Madison World, Ogilvy& Mater, Nokia dan Coca Cola dan lainnya.

Menurut Prof Dumelar, penghargaan diberikan terkait dengan leadership dalam upaya membangun "Good University Governance", pengembangan riset unggulan untuk memecahkan permasalahan di abad ke 21, pembangunan kultur akademi klas dunia yang berakar pada semangat ke Indonesiaan serta perhatian besar pada Green Campus.

Diakuinya CMO Asia memperhatikan kemajuan UI tiga tahun terakhir baik dibidang akademik seperti jumlah publikasi yang meningkat luar biasa terutama jurnal internasional, kualitas lulusan mulai dilirik dan diserap pasar kerja global maupun non akademik (audit eksternal clean opinion, penataan SDM beroroentasi pada merit system .

UI telah membukukan prestasi masuk The Best 5 di Asia Tenggara , dan The Best 34 di Asia, dan The Best 201 di dunia diantara 6000 universitas terkemuka di dunia. ***4***


(T.H-ZG/C/F002/F002) 21-07-2010 13:22:12

Tidak ada komentar: