Kamis, 14 September 2017

BELANDA

MALAM BADONCI AJAK WARGA MALUKU BANGUN INDONESIA
     Oleh Zeynita Gibbons

    London, 4/9 (Antara) - Malam Badonci dan Badendang Maluku 2017
yang diselenggarakan di Kota Barneveld mengajak masyarakat Maluku di Belanda untuk terus memupuk dan menjaga tali persaudaraan, mencintai warisan budaya, serta turut membangun Indonesia.
         "Acara yang dihadiri Dubes RI di Den Haag I Gusti A. Wesaka Puja  serta Wali Kota Ambon (Richard Louhenapessy, red.) itu menampilkan rangkaian lagu serta ragam tarian tradisional Maluku," demikian Sekretaris Pertama Pensosbud KBRI Den Haag Monica Ari Wijayanti kepada Antara London, Senin.
         Dubes I Gusti A. Wesaka Puja menyampaikan penghargaan atas terselenggaranya "Malam Badonci dan Badendang Maluku 2017" untuk mempererat persaudaraan masyarakat Maluku di Belanda.
         Melalui pembacaan puisi karya Chairil Anwar, "Cerita Buat Dien Tamaela", Dubes Puja mengajak masyarakat Maluku di Belanda untuk  mencintai Tanah Air dan mengingat keindahan serta kekayaan Maluku.
         Lagu "Sio Mama" yang dibawakan Dubes Puja disambut meriah oleh seluruh hadirin yang mengisi penuh Gedung Party Centrum De Veluwehal dengan lambaian tangan. Mereka turut bernyanyi bersama.
         Dubes Puja maupun Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy menyampaikan bahwa Pemerintah Indonesia memberikan  perhatian yang besar kepada Kota Ambon yang saat ini tengah mengembangkan potensinya sebagai kota musik, kota ikan, dan kota pariwisata.
         Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy mengajak masyarakat Maluku di Belanda untuk turut menyukseskan program "Visit Ambon 2020".
     Hal senada juga disampaikan Ketua Kompartemen Investasi Dalam Negeri (Kadin Indonesia) yang juga  penyelenggara dari Kabare Media Group, Reza Maspaitella, dengan mengajak masyarakat Maluku di Belanda untuk mendukung Pemerintah Indonesia dalam membangun Maluku, salah satunya melalui sejumlah kerja sama pemerintah dengan Belanda, termasuk di bidang "water management", energi, dan pengolahan sampah di Maluku.
         Dia mengatakan acara Malam Badonci dan Badendang Maluku 2017 merupakan program penutup kunjungan kerja Pemerintah Kota Ambon ke Belanda setelah sebelumnya diadakan  Forum Infrastruktur Maluku yang difasilitasi KBRI Den Haag.

         Pada acara itu juga disampaikan bahwa Pemerintah Kota Ambon telah menyusun sejumlah program kerja sama dengan Pemerintah Belanda, salah satunya untuk kembali menampilkan potensi Ambon di Apeldoorn, Belanda, tahun depan. ***4***

(T.H-ZG/B/M.H. Atmoko/M.H. Atmoko) 04-09-2017 04:54:11

Tidak ada komentar: