Kamis, 14 September 2017

WINA

RI GALANG DUKUNGAN DK PBB DI WINA
     Oleh Zeynita Gibbons

    London, 8/9 (Antara) - Dubes RI di Wina, Dr. Darmansjah Djumala mengajak komunitas diplomatik serta perwakilan pemerintah dan parlemen di Austria untuk mendukung penuh pencalonan Indonesia sebagai Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB periode 2019-2020.
         Indonesia siap dan mampu memberikan kontribusi dalam upaya menjaga perdamaian dan keamanan internasional, demikian Dubes Djumala dalam pidatonya pada acara resepsi diplomatik yang diadakan KBRI Wina, Kamis (7/9) di Wina, Austria.
         Sekretaris Kedua Fungsi Pensosbud KBRI/PTRI Wina, Wina Retnosari kepada Antara London, Jumat mengatakan, resepsi diplomatik merupakan salah satu bagian dari rangkaian kegiatan peringatan HUT Ke-72 Proklamasi RI yang diadakan KBRI/PTRI Wina.
         Dubes Djumala menjelaskan, berdasarkan UUD 1945, salah satu tujuan nasional Indonesia ialah ikut serta melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, keadilan sosial.
         Sejak tahun 1957, Indonesia berpartisipasi aktif dalam berbagai operasi misi penjaga perdamaian PBB. Saat ini Indonesia menduduki peringkat ketujuh dari 127 negara anggota PBB dalam hal jumlah personel yang ditempatkan, dengan total jumlah 2.700 personel yang berasal dari kalangan militer dan polisi Indonesia.
         Dengan berbagai kekuatan yang dimiliki, Indonesia tidak hanya mampu memainkan peran yang konstruktif sebagai anggota Dewan Keamanan PBB namun juga mampu menjadi jembatan antara Dewan Keamanan dan negara-negara anggota PBB lainnya, ujar Dubes Djumala di hadapan sekitar 350 undangan yang terdiri kalangan pejabat pemerintah dan parlemen Austria, Duta Besar dan korps diplomatik serta wakil dari organisasi internasional di Wina.
         Beberapa pejabat penting dari organisasi internasional dan anggota parlemen Austria hadir dalam resepsi di antaranya Sekretaris Eksekutif Comprehensive Nuclear Test Ban Treaty Organization (CTBTO), Lassina Zerbo, Deputy Director General UNIDO, Hiroshi Kuniyoshi, serta anggota Parlemen Austria dari Partai FPÖ, Dr. Jessi Lintl dan Dr. Andreas F. Karlsböck.
         Acara diawali dengan penampilan lagu kebangsaan kedua negara dibawakan Quintet Orchestra dilanjutkan dengan ramah tamah dan makan malam dengan sajian hidangan kuliner khas Indonesia seperti rendang, udang balado dan nasi goreng dimeriahkan dengan pertunjukan tari Pendet dari grup tari Shivanatha, musik gamelan Bali  dibawakan Grup Gamelan Altenberg, serta penampilan oleh Quintet Orchestra.
         Selain menjamu mitra kerja KBRI/PTRI Wina, acara resepsi  dimanfaatkan untuk memromosikan produk-produk ekspor yang dimiliki Indonesia di antaranya Kopi Pelage dari Bali yang diracik langsung oleh barister profesional dari Austria dan mendapat tanggapan  positif dari para undangan resepsi. (ZG) ***2***
(T.H-ZG/C/T. Susilo/T. Susilo) 08-09-2017 17:27:45



Tidak ada komentar: