Minggu, 28 Januari 2018

MEKSIKO

PELAJAR MEKSIKO BELAJAR TENTANG INDONESIA

Oleh Zeynita Gibbons

    London, 18/1 (Antara) - Siswa-siswi Sekolah Colegio Euro Texcoco di Negara Bagian Estado de Mexico belajar tarian Indonesia, Tari Ngarojeng, yang diadakan KBRI di Mexico City bersama Grup Tari Bali dalam kegiatan pengenalan mancanegara di Sekolah Colegio Euro Texcoco.
        Pelaksana Fungsi Penerangan Sosial Budaya KBRI Mexico City,
Febby Fahrani, Kamis mengatakan, kehadiran KBRI di Sekolah Colegio Euro Texcoco di kota Texcoco ini adalah bagian promosi peningkatan citra positif Indonesia di Meksiko.
        Menurut Graciela Lopez dari Grupo Tari Bali, keinginan pelajar Sekolah Colegio Euro Texcoco untuk mengenal tarian dari Indonesia sangat menggembirakan.
        "Saya tidak menyangka sebanyak 20 pelajar bergembira mempelajari tarian Indonesia yang gerakannya cukup rumit!dan diharapkan melalui tarian akan menumbuhkan rasa cinta pelajar akan Indonesia," katanya.
        Febby Fahrani mengakui pengenalan di kalangan pelajar tentunya akan menumbuhkan pemahaman dan wawasan generasi muda Meksiko akan kekuatan Indonesia di belahan dunia lain dan akan menumbuhkan keinginan untuk mengeksplorasi Indonesia di masa depannya
    Pada kesempatan tersebut, Laksi Pensosbud memaparkan informasi mengenai Indonesia dan keragaman budaya Indonesia kepada sekitar 80 siswa siswi tingkat SMP dan SMA.
        Disampaikan berbagai capaian dan kemajuan kerja sama bilateral kedua negara antara lain tercermin dari ditandatanganinya berbagai perjanjian kerja sama bilateral, baik di tingkat pemerintah, bisnis maupun universitas serta peningkatan hubungan perdagangan kedua negara yang mencapai USD 1,3 miliar hingga Oktober tahun lalu dengan surplus bagi Indonesia sebesar USD 1,1 miliar.
        Pelajar Meksiko juga perlu tahu mengenai hubungan ekonomi Indonesia Meksiko sehingga  mereka bisa menempatkan Indonesia sebagai negara mitra kerja sama ekonomi Meksiko di kawasan Asia.
        Antusiasme pelajar Sekolah Colegio Euro Texcoco atas kegiatan pengenalan Indonesia di lingkungan sekolahnya cukup tinggi. Beberapa pelajar berlomba menjawab pertanyaan kuis yang disampaikan KBRI seusai paparan.
        Mereka juga tidak segan bertanya mengenai Indonesia pada sesi tanya jawab. Isu-isu menarik yang ditanyakan antara lain kehidupan beragama serta tempat wisata di Indonesia.
        Kegiatan pengenalan negara ini menurut, Kepala Sekolah Colegio Euro Texcoco, Mayela del Carmen Velázquez Luna
adalah kegiatan pertama yang diadakan untuk memperkaya pengetahuan siswa-siswi tingkat SMP dan SMA akan keragaman budaya mancanegara.
        Pihak sekolah berencana  mengundang beberapa Kedutaan Besar untuk melakukan kegiatan pengenalan budaya negaranya di lingkungan sekolah setiap bulan sepanjang tahun 2018.
        Sekolah Colegio Euro Texcoco merupakan sekolah swasta yang terdiri dari TK, SD, SMP dan SMA. Sekolah yang didirikan sejak tahun 2003 ini merupakan salah satu sekolah swasta percontohan terbaik di Estado de Mexico.
        Mayela Velázquez menyampaikan apresiasi atas kesediaan KBRI Mexico City memulai kegiatan pengenalan mancanegara di sekolahnya.
        Paparan mengenai Indonesia menjadi bekal penting bagi sekitar 10 siswa yang akan berpartisipasi dalam British English Olympics (BEO) di London, Inggris karena dalam BEO tersebut, siswa Colegio Euro Texcoco akan mempresentasikan Indonesia.
         Mayela Velázquez  berharap  KBRI Mexico City dapat memberikan pembekalan tambahan mengenai Indonesia sebelum bertanding di ajang BEO ke-10 dengan sekitar 250 sekolah dari 21 negara  Maret
mendatang.  ***4***
(T.H-ZG/C/S. Muryono/S. Muryono) 18-01-2018 20:36:56


Tidak ada komentar: