Minggu, 28 Januari 2018

MEKSIKO

BUAP INGIN BEKERJASAMA DENGAN UNIVERSITAS DI INDONESIA


Zeynita Gibbons


    London, 27/1 (Antara) - Rektor Universitas Otonomi Benemérita di Puebla (BUAP) Dr Alfonso Esparza Ortiz menyampaikan keinginan  bekerjasama dengan berbagai universitas  di Indonesia baik dalam pertukaran pelajar, akademisi maupun tenaga pendidik.
         Hal ini disampaikan Rektor Alfonso Esparza Ortiz kepada Dubes Indonesia untuk Meksiko Serikat Yusra Khan yang mengadakan kunjungan ke kota Puebla berjarak sekitar tiga jam dari ibu kota Meksiko, demikian Pensosbud KBRI Meksiko Febby Fahrani kepada Antara London, Sabtu.
         Dalam pertemuannya, Rektor BUAP  didampingi Direktur Jenderal Kerja Sama Internasional BUAP Dr Odorico Mora Carreón mengawali rangkaian kegiatan Dubes RI di Puebla dan sekaligus memberikan kuliah umum mengenai Indonesia dan Hubungan Bilateral Indonesia= Meksiko kepada sekitar 210 mahasiswa BUAP dari berbagai disiplin ilmu di Auditorio Paraninfo.
         Dalam acara tersebut juga hadir di antara civitas academica BUAP dan satu-satunya mahasiswa Indonesia di Meksiko, Nancy Geyza Iwisara.  
    Dubes Yusra Khan menyampaikan KBRI di Mexico City siap menjembatani keinginan BUAP untuk bekerjasama, termasuk memfasilitasi rencana kunjungan ke Indonesia.
         Dalam kuliah umum, Yusra Khan memaparkan persahabatan dan kerja sama yang semakin menguat antara Indonesia dan Meksiko sejak diresmikannya hubungan diplomatik di tahun 1953 walaupun letak kedua negara berjauhan.
         Untuk penguatan hubungan bilateral, Indonesia dan Meksiko telah bekerjasama di tataran antarpemerintah dan pelaku ekonomi dalam mendorong peningkatan di sektor perdagangan, investasi dan pariwisata.        
    Menurut Dubes,   hubungan kedua negara juga tercermin dalam kerja sama yang intensif dan solid di tataran  multilateral dan regional, antara lain, melalui PBB, APEC, G20, FEALAC, dan MIKTA (Meksiko, Indonesia, Korea, Turki dan Australia).
         Kedua negara juga mendorong peningkatan kerja sama P-to-P, diantaranya pemberian beasiswa Darmasiswa dan Kemitraan Negara Berkembang kepada 127 mahasiswa Meksiko untuk belajar di Indonesia semenjak tahun 1996 dan sebaliknya bagi mahasiswa Indonesia untuk belajar di Meksiko.
         Dalam kesempatan itu, Dubes menyampaikan  informasi beasiswa yang ditawarkan Pemerintah Indonesia kepada mahasiswa Meksiko, khususnya mahasiswa BUAP, yang dipaparkan dalam presentasi terpisah oleh Pelaksana Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya KBRI Mexico City.
         Alumni Darmasiswa dari Meksiko, Nayely Bernal menyampaikan informasi dan bercerita pengalaman mengikuti Darmasiswa di Indonesia. Para alumni menjadi duta darmasiswa di Meksiko.
         Rasa cinta akan Indonesia yang mulai tumbuh saat mengikuti darmasiswa di Indonesia diharapkan semakin menumbuhkan minat untuk lebih mengenal Indonesia melalui partisipasi dalam darmasiswa.
         Kuliah umum yang diadakan Kamis  (25/1) ditanggapi positif oleh civitas academica yang hadir. Direktur Jenderal Kerja Sama Internasional BUAP mengapresiasi digelarnya kuliah umum yang pertama kalinya di BUAP.
         Carreón sampaikan, terima kasih atas kerendahan hati Dubes RI untuk memberikan pengetahuan baru bagi mahasiswa BUAP akan keragaman Indonesia serta berbagai potensi kerja sama termasuk beasiswa program master maupun beasiswa kebudayaan yang dapat dimanfaatkan  mahasiswa BUAP.
         Beberapa mahasiswa menyampaikan ketertarikan dengan
program beasiswa. ***4***

(T.H-ZG/C/S. Muryono/S. Muryono) 27-01-2018 22:43:23

Tidak ada komentar: