Senin, 24 Januari 2011

GAMELAN BRATISLAVA

TIM GAMELAN BRATISLAVA PUKAU PENONTON DI SLOVAKIA

London, 24/1 (ANTARA) - Tim Gamelan KBRI Bratislava memukau ratusan penonton yang memadati auditorium pusat eksibisi Incheba dalam acara Camera Slovakia sebagai bagian dari pameran pariwisata tahunan terbesar di Slovakia 17th International Travel Fair.

Acara yang digelar di Bratislava Ibukota Republik Slovakia, sejak 20 Januari 2011 itu menyajikan gamelan Bali yang diiringi dengan berbagai alat musik antara lain angklung, flute dan trompet yang menampilkan lagu khas Indonesia dan Slovakia.

Sekretaris III KBRI Bratislava Slovakia, Fahmad Rifqi Ramulo dalam keterangannya kepada ANTARA di London, Senin, menuturkan bahwa Tim Gamelan KBRI Bratislava itu tampil dalam dua kali pertunjukkan pada hari Minggu (23/1) di panggung pameran.

Para penonton berjubel tidak sabar menyaksikan penampilan tim kesenian yang dimotori Kristina, gadis Slovakia dan pimpinan grup gamelan KBRI Bratislava, Lucian, berkebangsaan Romania.

Dikatakannya, dalam pameran pariwisata terbesar di Bratislava itu, KBRI Bratislava mengandeng salah satu travel agent terbesar di Slovakia, Bubo Travel dalam pagelaran kebudayaan kali ini.

Selama dua tahun berturut-turut, penampilan tim gamelan KBRI Bratislava pada event tahunan pariwisata terbesar di Slovakia tersebut membuat budaya Indonesia semakin dikenal di Slovakia, khususnya pengunjung pameran yang tak hanya berasal dari Slovakia namun juga dari negara tetangga sepeti Austria, Ceko dan Hungaria.

Ramulo mengatakan, Stand Indonesia dengan lokasi yang strategis selain membagikan-bagikan brosur pariwisata Indonesia secara gratis kepada pengunjung pameran, KBRI bermitra dengan Indonesia Trade Promotion Centre (ITPC) Budapest mempromosikan kopi, teh serta kuliner khas Indonesia.

Kepala ITPC Budapest, Nusa Eka memaparkan bahwa produk dari Indonesia seperti air kelapa muda dalam kemasan menjadi favorit pengunjung itu berhasil menembus pasar Eropa Tengah dan Timur.

Dengan rata-rata 60.000 orang pengunjung pameran setiap tahunnya, event ini diikuti sekitar 30 negara peserta pameran.

Pendapatan per kapita yang mencapai 22.000 dolar AS ketertarikan publik Slovakia pada budaya dan pariwisata Indonesia menjadikan Slovakia sebagai Negara yang potensial sebagai sumber wisatawan manca negara di masa mendatang.

Slovakia sebagai anggota Uni Eropa dan Eurozone memiliki kinerja perekonomian termasuk terbaik di kawasan dengan pertumbuhan ekonomi yang positif tiga persen pada 2010 di tengah-tengah deraan krisis ekonomi global utamanya di Eropa.


(T.H-ZG/B/F002/F002) 24-01-2011 07:16:10

Tidak ada komentar: