Kamis, 27 Januari 2011

UNIV SOFIA

UI BEKERJA SAMA DENGAN UNIVERSITAS DI SOFIA

London, 27/1 (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) menggalang kerja sama dengan Universitas St. Kliment Ohridski, Sofia Bulgaria dalam bentuk pertukaran pengajar dan mahasiswa, kunjungan tim kesenian, serta pengembangan kegiatan dan program lain seperti riset bersama.

"Hal itu terungkap ketika Rektor Universitas Indonesia (UI), Prof Dr Rusliwa Gumilar Soemantri bersama Dubes RI di Sofia, Immanuel Robert Inkiriwang, mengadakan kunjungan ke Sofia University (SU) St. Kliment Ohridski," ujar Sekretaris III KBRI Sofia, Aditya Timoranto, dalam keterangan kepada Antara London, Kamis.

Dalam kunjungan itu, Prof Dr Rusliwa Gumilar Soemantri didampingi
Dekan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Dr Bambang Wibawarta diterima Rektor SU, Prof Dr Ivan Ilchev, dan Dekan Faculty of Classical and Modern Philology, Assoc Prof Petya Yaneva serta Direktur Hubungan Internasional SU, Rumen Grigorov.

Ia mengatakan kunjungan Rektor UI ke Sofia itu menindaklanjuti nota kesepahaman "Memorandum of Understanding (MoU) on Academic Exchange" antara Universitas Indonesia (UI) dan the Sofia University St. Kliment Ohridski, Bulgaria yang ditandatangani tahun lalu.

Dalam nota kesepahaman itu, kedua universitas sepakat untuk mengadakan berbagai kegiatan yang konkret dan realistis seperti pertukaran pengajar dan mahasiswa, pertukaran kunjungan tim kesenian serta pengembangan kegiatan dan program lain seperti "joint research."
Dubes Immanuel Robert Inkiriwang dalam kesempatan itu mengatakan dengan ditindaklanjutinya nota kesepahaman antara kedua universitas kerja sama UI-Sofia dapat dicapai dengan adanya kesungguhan dari kedua belah pihak.

Arti penting pendidikan bagi pembangunan Indonesia dan Bulgaria serta kontribusi positif kerja sama di bidang pendidikan, terutama kerja sama UI-SU terhadap upaya untuk lebih mempererat hubungan dan kerja sama RI-Bulgaria.

Ia mengharapkan kerja sama antara UI-Sofia itu juga akan dapat mendorong lebih lanjut adanya kelas Bahasa Indonesia di SU (sejak tahun 2009) guna meningkatkan ketertarikan dan pemahaman masyarakat Bulgaria terhadap Indonesia.

Dalam kunjungan tersebut, Prof Somantri memberikan presentasi mengenai UI kepada Prof Ilchev dan beberapa anggota dari SU dan mengunjungi "Centre of Oriental Languages and Cultures at SU" yang diselenggarakan kelas Bahasa Indonesia.(ZG)
(T.H-ZG/B/E011/E011) 27-01-2011 10:30:11

Tidak ada komentar: