Kamis, 13 Januari 2011

REISELIV 2011

D0130111002264 13-JAN-11 JAS JKT
INDONESIA JARING WISATAWAN SKANDINAVIA DI REISELIV 2011

Oslo, 13/1 (ANTARA) - Indonesia mengikuti pameran pariwisata Reiseliv 2011 yang dibuka Kamis di gedung pameran "Norges Varemesse", Lillestrom, Norwegia guna menjaring wisatawan dari kawasan Skandinavia
Dutabesar RI untuk Kerajaan Norwegia, Esti Andayani mengatakan kepada koresponden ANTARA London, Kamis, KBRI Oslo ikut mempromosikan pariwisata Indonesia di pameran tersebut yang akan berlangsung hingga 16 Januari mendatang.

Hal tersebut, katanya dalam upaya menjaring wisatawan dari negara Skandinavia seperti negara Norwegia, Swedia dan Finlandia yang sangat potensial.

Dubes, Esti Andayani, mengatakan bahwa paviliun Indonesia kali ini mengambil thema Budaya Jawa dengan menampilkan seperangkat gamelan Jawa, demo membatik serta pameran dan proses membuat cara membatik.

Dikatakannya potensi pariwisata Indonesia sangat besar tidak hanya Bali yang dikenal selama ini, tetapi juga daerah lain seperti Sumatra, Sulawesi, Kalimantan dan Jawa yang kali ini mendominasi paviliun Indonesia.

"Sayangnya hingga saat ini masih belum ada Industri pariwisata Indonesia yang menyatakan kesediaannya berpartisipasi dalam pekan pariwisata terbesar di Skandinavia itu. Padahal, potensi wisatawan dari negara Skandinavia cukup besar," katanya.

Sementara itu, Koordinator Umum Paviliun Indonesia Wening Esthyprobo mengatakan bahwa selain menampilkan perangkat gamelan dan peralatan membatik yang khusus didatangkan dari Solo.

Di Paviliun juga dipamerkan berbagai produk asal Indonesia seperti kerajinan Batik, produk makanan seperti Kecap Sambel dari Bali Kitchen, dan Indomie yang dapat diperoleh di Norwegia dan suguhan kuliner Indonesia berupa permen jahe, lempeyek, lumpia dan kue pukis dan kopi Java.


Kedutaan Lesotho

Pada acara pembukaan Ketua Panitia penyelenggara Reiseliv 2011, Torill Engelberg mengatakan penyelenggaraan pameran Reiseliv tahun ini merupakan yang ke 24 kalinya dan diikuti 44 negara di antaranya Kedutaan Lesotho, Afrika yang berkedudukan di Irlandia, merupakan peserta baru.

Selain itu pameran juga diikuti sebanyak 482 peserta baik dari industri pariwisata, perusahaan penerbangan seperti Turky Airways, Thai Airways, serta berbagai kedutaan maupun badan pariwisata nasional seperti dari Thailand, India dan Malaysia dan dari Norwegia sendiri, ujarnya.

Dikatakannya pada tahun ini panitia penyelenggara Reiseliv 2011 juga mengadakan pemilihan biro pariwisata dan majalah wisata terbaik yang dimenangkan oleh Apollo Travel yang telah mendirikan usaha di Norwegia sejak tahun 1999 dan berhasil menjaring 320 ribu wisatawan yang pada awal usahanya hanya 30 ribu.
Pameran yang diresmikan Kamis, dalam dua hari pertama khusus diperuntukkan bagi para pebisnis yang ingin melakukan kontak langsung dengan para pengusaha industri pariwisata.
Sementara Sabtu dan Minggu terbuka untuk umum dengan karcis masuk setiap pengunjung sekitar Nok 150 atau sekitar Rp225 ribu per orang.

Pada tahun lalu 33.150 pengunjung yang menurut survai 85 persen pengunjung membeli paket perjalanan langsung dalam pameran Reislive dan melakukan perjalanan langsung dari pameran dan merencanakan perjalanan pariwisata dalam kurun tiga bulan. (ZG)
(T.H-ZG/B/S006/S006) 13-01-2011 19:24:28

Tidak ada komentar: