Jumat, 20 Januari 2012

DIPLOMASI GASTRONOMI

DUBES RI UNTUK SPANYOL LANCARKAN DIPLOMASI GASTRONOMI

Madrid, 20/1 (ANTARA) - Duta Besar RI untuk Kerajaan Spanyol Adiyatwidi Adiwoso Asmady melancarkan diplomasi gastronomi dengan mengundang para duta besar untuk mencicipi kuliner Indonesia yang disajikan di Hotel Intercontinental, Madrid, Spanyol, Kamis siang.

Pekan gastronomi Indonesia itu merupakan hasil kerja sama KBRI Madrid, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Intercontinental Madrid dan Mid Plaza Jakarta digelar di Restauran Intercontinental Madrid berlangsung selama seminggu hingga 22 Januari.

Dua juru masak Indonesia dari Intercontinental Jakarta, Jenal Abidin dan Dedih Syamsudin yang didatangkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif dan dibantu chef dari Spanyol Jose Luque dan Juan Carlos De la tore menyajikan berbagai kuliner Indonesia.

"Makanannya enak sekali," ujar Dubes Spanyol untuk wilayah Asia Pasifik yang diundang untuk makan siang dengan menu masakan Indonesia sajian dari juru masak Indonesia , bersama dubes dari Filipina, Korea Selatan, Australia, Minister Councellor Kedubes Thailand, dan Dubes Vietnam serta Dubes Malaysia yang datang bersama istri.

Dengan suasana santai, para dubes menikmati hidangan mulai dari makanan pembuka seperti mie goreng, sate, asinan penganten, soto ayam dan sampai pada hidangan utama berupa nasi dengan sayur kacang dan rendang Padang.

Budaya kuliner dari Indonesia yang ditampilkan dengan keeksotikannya dengan bahan bahan yang berkualitas serta cita rasa yang tinggi berhasil menjadikan gastronomi sebagai salah satu diplomasi Indonesia di Spanyol.

Setiap harinya menu yang ditampilkan berbeda-beda yang terdiri atas satu paket set dengan harga 42 Euro, mulai dari makan pembuka yang terdiri atas slada pengantin yang dilengkapi dengan dendeng dan soto daging Madura.

Makanan utama yang terdiri atas nasi, rendang daging, udang balado atau tongseng kambing serta tumis bayam atau sayur kacang panjang, sedangkan makanan penutup terdiri atas lapis legit dan wedang jahe.

Juru masak Jenal Abidin (40) kepada ANTARA di Madrid mengatakan bahwa ia merasa mendapat kehormatan untuk ikut mempromosikan kuliner Indonesia di Spanyol.

"Saya senang bisa menyajikan masakan Indonesia di Madrid," ujar ayah dua putra asal Subang, Jawa Barat.

Menurut Jenal Abidin, makanan Indonesia membutuhkan banyak bumbu-bumbu yang tidak mudah diperoleh di Spanyol, seperti daun salam dan daun jeruk.

"Kami terpaksa membawanya dari Jakarta," ujar Jenal Abidin.

Jenal Abidin mengatakan bahwa banyak pengunjung restoran yang merasa puas dengan makanan Indonesia yang disajikannya bersama rekan nya Dedih Syamsudin yang menyediakan makan siang dan makan malam.


***3***
(ZG)/b/a011
(T.H-ZG/B/A011/A011) 20-01-2012 08:48:36

Tidak ada komentar: