Rabu, 04 Januari 2012

TKW TAHUN BARUAN DI DUBAI

TKW RAYAKAN PERGANTIAN TAHUN BERSAMA KONJEN RI

London, 2/1 (ANTARA) - Para TKW bermasalah yang berada di penampungan sementara KJRI Dubai merayakan pergantian tahun bersama jajaran Konjen RI Dubai.

Acara itu dihadiri Konjen RI Dubai Mansyur Pangeran dan Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) KJRI Dubai Ibu Febie Mansyur serta staf KJRI Dubai beserta keluarga dan sebagian anggota masyarakat Indonesia di Dubai.

Sekretaris Pertama/Konsul Fungsi Pensosbud KJRI Dubai, Adiguna Wijaya kepada ANTARA London, Selasa mengatakan, saat ini sebanyak 31 TKW bermasalah (TKW-B) berada di penampungan sementara KJRI Dubai.

Sebelumnya, terdapat sekitar 140 orang TKW-B yang berada di penampungan sejak awal 2011. Mereka datang meminta bantuan KJRI Dubai setelah kabur dari majikan dengan alasan beban kerja terlalu berat, majikan ringan tangan dan tempramental, tidak digaji maupun karena mengalami pelecehan seksual.

Acara menyambut Tahun Baru 2012 diisi dengan menonton film komedi Indonesia yang sangat menghibur dan memeriahkan suasana serta menyantap aneka hidangan khas Indonesia.
Kegiatan ini dilanjutkan dengan menyaksikan tayangan langsung di televisi acara pesta kembang api di salah satu bangunan utama objek pariwisata kota Dubai, yaitu "Burj Khalifa" yang merupakan gedung tertinggi di dunia dengan tinggi mencapai 829,84 meter.

Selanjutnya sambutan Konjen RI Dubai dan diakhiri doa bersama yang dipandu staf KJRI Dubai, H Zunnunil Masri, lulusan Univeristas Islam Madinah, Arab Saudi.

Konjen Mansyur menyampaikan beberapa hal diantaranya apresiasi dan rasa terima kasih kepada seluruh staf KJRI Dubai yang melaksanakan tugasnya dalam memenuhi misi KJRI Dubai serta DWP KJRI Dubai bekerja sama dalam menyukseskan program kerja KJRI Dubai.

Selain itu, disampaikan pula mengenai harapan dan rencana program kerja KJRI Dubai di tahun 2012 dan selayang pandang berbagai program kerja dan capaian KJRI Dubai selama 2011, termasuk program kerja utama KJRI Dubai pelayanan kekonsuleran dan perlindungan WNI yang berada di wilayah akreditasi KJRI Dubai.

Di bidang kekonsuleran dan keprotokolan, KJRI Dubai membantu dan memulangkan 216 TKI yang bermasalah di Dubai dan lima Emirat lainnya yang menjadi wilayah kerja KJRI Dubai, selain memfasilitasi proses penyaluran kembali sekitar 450 orang TKW-B yang ada di penampungan sementara KJRI Dubai kepada majikan yang baru.

KJRI Dubai memfasilitasi proses pendeportasian ratusan TKW-B dari beberapa penjara di wilayah akreditasi. Proses hukum dan penyelesaian kasus serta administrasi permasalahan para TKI bermasalah difasilitasi KJRI Dubai dengan otoritas terkait, yaitu kantor imigrasi, kepolisian, pengadilan, agen penyalur tenaga kerja lokal dan majikan.

Selain itu, KJRI Dubai membantu dan memfasilitasi beberapa WNI terlantar dan sakit yang terpaksa diturunkan di bandara Dubai untuk mendapatkan perawatan medis lebih lanjut. Posisi Dubai sebagai bandara tersibuk nomor empat di dunia menjadikan Dubai sebagai hub utama dalam jalur transportasi udara internasional. Hal ini mendorong semakin banyaknya kasus WNI terlantar dan sakit yang tiba melalui bandara Dubai.


Layani 1.500 tamu
Sehubungan dengan keberadaan bandara Dubai dan maskapai Emirates Airlines yang menghubungkan Dubai ke sekitar 120 destinasi di seluruh dunia, turut pula mendorong meningkatnya jumlah tamu transit maupun singgah di Dubai yang harus difasilitasi oleh KJRI Dubai.

Selama 2011 sekitar 1.500 tamu difasilitasi KJRI Dubai, termasuk beberapa kali kunjungan transit rombongan Presiden RI, para tamu lainnya berasal dari beragam profesi, mulai dari tingkat menteri, pejabat tinggi maupun staf berbagai lembaga pemerintahan, tokoh masyarakat Indonesia, pengusaha, warga sipil hingga artis.

Mansyur menyampaikan capaian yang diraih di bidang ekonomi, seiring dengan prioritas utama pemerintah Indonesia meningkatkan ekonomi nasional dan investasi ke Indonesia. Dalam kaitan ini, KJRI Dubai aktif mempromosikan Indonesia.

Hal itu dilakukan dengan melakukan pendekatan serta memfasilitasi kepentingan bisnis dan investasi kalangan pengusaha dan industri Dubai dan wilayah Emirat lainnya yang menjadi akreditasi KJRI Dubai, termasuk mengkoordinasikan kunjungan delegasi perbankan dan keuangan Islam dari Dubai ke Indonesia, Oktober lalu.

Di bidang sosial dan budaya, upaya promosi keberagaman budaya dan pariwisata Indonesia juga giat dilakukan guna mendorong perubahan citra yang lebih positif mengenai Indonesia.

Pada tahun ini, dalam kesempatan penyelenggaraan resepsi peringatan Hari Kemerdekaan RI yang baru pertama kali diadakan sejak dibuka KJRI Dubai tahun 2003, KJRI Dubai yang bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah mengadakan pentas budaya Indonesia selama dua malam berturut-turut yang mampu menyedot perhatian publik di Dubai.

Di samping itu, berbagai kegiatan sosial budaya lainnya juga telah dilakukan KJRI Dubai, khususnya dalam rangka pembinaan dan meningkatkan rasa kekeluargaan serta nasionalisme warga masyarakat Indonesia di wilayah akreditasi KJRI Dubai, diantaranya dengan kegiatan olah raga, keagamaan dan juga pelaksanaan peringatan hari-hari besar nasional.

KJRI Dubai yang bekerja sama dengan DWP KJRI Dubai kembali menyelenggarakan program "Sekolah TKW" bagi para TKW-B yang ada di penampungan sementara KJRI Dubai yang terdiri dari beragam kelas, yaitu Bahasa Inggris, menjahit, ketrampilan membuat aksesoris, table manners serta ketrampilan merangkai bunga dan komputer maupun kejar paket A, sekiranya ada TKW-B di penampungan yang belum lancar membaca dan menulis.

Mansyur menyampaikan harapan bagi kesuksesan KJRI Dubai di tahun 2012 dalam melaksanakan misi dan berbagai program kerja. KJRI Dubai tetap akan memprioritaskan berbagai upaya kekonsuleran bagi perlindungan WNI, termasuk pula yang utama adalah untuk membantu dan memfasilitasi penyelesaian masalah para TKW-B yang ada di wilayah akreditasi KJRI Dubai.

Selain promosi di bidang ekonomi dan investasi juga akan terus digiatkan bagi peningkatan ekonomi dan investasi nasional serta berbagai promosi budaya dan pariwisata bagi pencitraan Indonesia yang lebih positif.

Para TKW-B menyatakan kegembiraan dan merasa terhibur dengan acara ini serta menyampaikan rasa terima kasihnya atas perhatian yang diberikan KJRI Dubai dan menyatakan bahwa saat pergantian tahun juga merupakan salah satu peristiwa yang cukup bermakna bagi mereka untuk dilalui bersama keluarga maupun kerabat dan teman. (ZG)
(T.H-ZG/C/S023/S023) 02-01-2012 05:53:48

Tidak ada komentar: