Selasa, 10 Januari 2012

PPI UK DI AMAZON

PPI UK PUBLIKASIKAN KARYA TULIS PELAJAR DI AMAZON

London, 10/1 (ANTARA) - Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI ) di Inggris Raya meluncurkan terobosan terbaru dengan mempublikasikan karya tulis ilmiah di Amazon, sebagai hasil dari Konferensi Temu Ilmiah Karya Tulis Indonesia (TIIMI) 2010 di London tahun lalu .

Konferensi bertema "Science Development and Sustainability in Indonesia," mengambil delapan karya ilmiah terbaik seluruh peserta yang sedang menjalankan studi S2 dan S1 baik di luar negeri maupun di Indonesia, demikian Dr. Dessy Irawati dari Newcastle University, salah satu editor karya tulis ilmiah kepada ANTARA London, Selasa.

Dikatakannya setelah melalui tahapan revisi yang panjang dan memakan waktu, tim editor dan para penulis, akhirnya dapat bernafas lega, dengan diterbitkannya buku ini melalui situs Amazon.

Menurut Dessy Irawati, buku tersebut merupakan kompilasi dari karya tulis yang bertujuan untuk memberikan inspirasi dan wacana mengenai perkembangan ilmu pengetahuan dari segi teknik dan non-teknik serta keterkaitannya dengan keberlangsungan.

Dikatakannya, proyek buku beranggotakan tiga orang editor utama yang bertanggung jawab merevisi dan menjalankan proses produksi selain dirinya juga ada Dr. Yanuar Nugroho dari Manchester University, dan Dr. Dedy Loebis yang berdomisili di Cambridge, merupakan ilmuwan dan peneliti serta pelaku bisnis di Inggris Raya.

Dessy Irawati mengakui penerbitan karya ilmiah melalui buku seperti ini akan memberikan nilai akademik bagi para mahasiswa. "Seperti yang sudah menjadi wacana umum bahwa publikasi sangatlah penting bagi tolok ukur prestasi di kalangan akademisi, apalagi kalau publikasi itu bertaraf international," ujarnya.

Di samping itu, penerbitan buku bertujuan untuk memacu para ilmuwan muda dan mahasiswa Indonesia, untuk terus meningkatkan kualitas dan kemampuan menulis karya ilmiah di tingkat international. Hal ini mengingat kemampuan itu belum sepenuhnya dimiliki pelajar Indonesia untuk berpacu dalam publikasi di tingkat internasional.

Tim editor juga berharap agar buku ini bisa dibeli dan dicontoh oleh PPI dunia yang lain serta pihak civitas akademika Indonesia dimanapun berada, untuk bersama-sama mempromosikan pendidikan dan ilmu pengetahuan Indonesia di kancah internasional.

Penerbitan buku ini melalui Amazon diharapkan agar buku bisa dibeli dan disalurkan kepada para pembeli di seluruh dunia dan juga dengan adanya fasilitas e-book, pembeli dapat meng-access buku ini secara online (tentu saja setelah membeli dan memilih fasilitas e-book).
Dessy menyampaikan cuplikan karya ilmiah tersebut. "Buku ini dibuat oleh kami, putera-puteri Indonesia di Inggris Raya, dan dipersembahkan kepada Indonesia tercinta, sebagai bentuk rasa cinta dan peduli kami meskipun jauh dari tanah air tercinta. Besar harapan kami untuk bisa memberikan kontribusi ilmu dan wacana bagi kalangan akademiis di tanah air dan terus membangun benang merah yang tak akan pernah terputus," demikian Dessy Irawati. (ZG)


(T.H-ZG/B/M020/M020) 10-01-2012 08:50:46

Tidak ada komentar: