Senin, 30 Juni 2014

HALO INDONESIA


INDONESIA RAYA BERKUMANDANG DI TRAFALGAR SQUARE
     Oleh Zeynita Gibbons

    London, 31/5 (Antara) -  Lagu Indonesia Raya dalam alunan musik Sasando yang dimainkan  putra seniman senior Indonesia maestro Sasando Jeremias Ougust Pah (70), yakni Djitron Pah, berkumandang di alun-alun kota London, Sabtu siang.

         "Saya meliat spirit budaya Indonesia dalam penyelenggaraan acara Hello Indonesia," ujar Paul Wheeler, salah seorang dari 16 ribu pengunjung yang memadati Trafalgar Square, salah satu ikon Kota London, Inggris, yang menjadi simbol kemenangan angkatan tempur Inggris dalam Perang Napoleon, yang banyak dikunjungi wisatawan mancanegara.

         Dalam acara promosi budaya yang mengusung tema "Hello Indonesia" itu juga ditampilkan berbagai kesenian di atas panggung di bawah patung Nelson, mulai dari musik Gamelan, tari tarian seperti Barong dan tari Cendrawasih dari Bali, dan Gambyong Pangkur dari Solo.

         Selain musik Sasanso oleh Djitron Pah, tampil juga Violinist Mia Ismi Halida, Jaipongan yang dibawakan penari  group Tari Lila Bhawa, hingga angklung interaktif dari iKresindo dengan mengajak seluruh pengunjung memainkan alat musik asal Jawa Barat angklung.

         Acara promosi "Hello Indonesia," digelar untuk pertama kalinya  atas kerja sama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan KBRI London itu didukung Mayor of London dibuka dengan penampilan kelompok musik Gamelan Southbank yang sebagian besar anggotanya adalah orang Inggris dengan bimbingan Aris Daryono.

         Paul Wheeler yang beristrikan wanita Indonesia, Christy Wheeler, mengakui sangat menikmati penampilan kesenian dan budaya Indonesia dan juga berbagai kuliner dalam acara Hello Indonesia yang digagas Usya Soeharjono.

         "Acaranya sangat menarik dan begitu banyak orang dari berbagai bangsa menyaksikan pertunjukan kesenian dan budaya Indonesia yang sangat beragam," ujar Paul Wheeler yang suka dengan musik Indonesia seperti gamelan dan juga angklung serta kulintang.

         Duta Besar RI untuk Kerajaan Inggris Raya dan Republik Irlandia Hamzah Thayeb mengakui bahwa penyelenggaraan Hello Indonesia baru pertama diadakan selama lebih dari 50 keberadaan perwakilan Indonesia di Inggris.

         Diakuinya semua komponen bangsa yang ada di London terlibat dalam penyelenggaraan acara Hello Indonesia seperti  kantor perwakilan BNI, BKPM, Bank Mandiri, Garuda, Atase Perhubungan dan Perdagangan serta pelajar Indonesia yang tergabung dalam PPI UK dan  unsur masyarakat dengan menampilkan promosi kuliner serta Diaspora Indonesia Periuk.

         Sementara itu, Dirjen Pemasaran Pariwisata Kemenparekraf, Esthy Reko Astuty, mengatakan penyelenggaraan Hello Indonesia yang dikemas dalam bentuk pameran dan festival itu menyajikan pertunjukan khas Indonesia dan juga informasi destinasi pariwisata dalam rangka menjaga eksistensi Indonesia di pasar utama yang memberikan masukan terbesar kunjungan wisata masyarakat Eropa ke Indonesia.

         Seniman  Djitronn Pah (29) yang merupakan penggemar kelompok sepak bola Arsenal itu mengakui sangat senang bisa tampil di London yang merupakan impiannya sejak lama untuk bisa mempertunjukkan kebolehannya dalam menampilkan kesenian dari daerahnya Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur.

         "Cita-cita saya mengadakan pertunjukan di Kota London akhirnya tercapai," ujar Djitron yang tampil dengan jas putih dengan desain gambar bendera Inggris dibalut kain tenun Lafa yang menampilkan beberapa lagu seperti lagu Bobolebo dari NTT, lagunya Elton John, Lion King dan Let it be-nya The Beathles serta Indonesia Pusaka.

         Sementara itu, penari Bali kakak beradik, putri Dubes RI di Swedia, Yanti Sastrawan, Savitri Sastrawan mengatakan senang bisa tampil dalam acara Hello Indonesia dan diharapkannya masyarakat Inggris lebih mengenal Indonesia.

         Ni Made Pujawati pimpinan Group  Tari Lila Bhawa mengakui  sangat menikmati acaranya dan bangga dengan beragam budaya yang dimiliki dan berharap acara Hello Indonesia bisa berlanjut dan diadakan minimal setahun sekali.

         Para penari yang tergabung dalam Group  Tari Lila Bhawa terdiri Widya Rachmawati, Dewi Ariati, Andrea Rutkowski, Ni Made Pujawati, Khai Khalid, Saryani Asmayawati, Yanti Sastrawan, Savitri Sastrawan, Pagi Asmara, Margaret Coldiron, Reka Martin.

         Musik angklung iKresindo yang mengajak para pengunjung bermain alat musik angklung secara interaktif sebelumnya menampilkan lagu Neng Gelies, Ayam den Lapeh dan lagu Sway Oleh Michael Buble yang mengajak penonton bergoyang.

         Violinist Mia Ismi  Halida dengan gesekan biolanya yang berhiasan batik  melantunkan  Lagu Juwita malam dan Like Diamond In The Sky yang dipopulerkan penyanyi Rihanna.

                                                                                  Pelajar Papua
    Acara Hello Indonesia semakin meriah dengan tampilnya sebanyak 16 penari anggota PPI London yang berasal dari Papua yang menampilkan tari Yospan yang merupakan tarian penyambutan tamu yang biasanya ditampilkan pada acara besar seperti HUT RI.

         Salah seorang pelajar Dolvinus Womsiwor mengatakan kebanggaannya bisa menampilkan budaya Indonesia khususnya dari Papua yang  menceritakan tentang pergaulan yang membawanya sampai di London.

         "Melalui tarian, orang bisa lebih mengenal budaya suatu negara," ujar Dolvinus menambahkan tariannya menunjukkan cinta damai.

         Hello Indonesia juga menampilkan stand Orang Hutan Protection Foundation yang mempromosikan proteksi kepunahan orang hutan, stand Bank Mandiri dan BNI serta stand Garuda yang menyediakan layanan foto dengan latar belakang Garuda, penampilan dari museum Keramik, Fist Travel, Maritim Culture, pojok gamelan dan batik Workshop oleh Haikal Bekti Anggoro dan Aris Daryono.

         Selain itu juga terdapat Food Stalls yang menyajikan berbagai kuliner Indonesia seperti Empek-empek Palembang, Nasi Padang, Bakso Bola bola, warung Winsor yang dikenal dengan sate ayam-nya, Dapur Teh Ina dengan sajian Somai, Mie goreng dan Kari Tempe.

         Acara Hello Indonesia ditutup dengan angklung interaktif yang diikuti para pengunjung serta lantuman lagu  dangdut yang mengajak pengunjung bergoyang yang berhasil membawa kenangan bagi seluruh pengunjung dan panitia yang terlibat dalam acara yang berlangsung dengan sukses. ***3*** (ZG)

(T.H-ZG/B/E.M. Yacub/E.M. Yacub) 01-06-2014 08:15:01

1 komentar:

Halo Indonesia mengatakan...

= AGEN TIKET - TOUR & TRAVEL MURAH SIDOARJO KOTA =

Anda ingin membeli tiket pesawat / kereta api murah ?????
Kini Beli tiket tidak perlu rumit dan mahal lagi, hanya di Halo Indonesia Tour & Travel.
Kami memberikan pelayanan 24 JAM untuk bisa memberikan pelayanan terbaik, kami memiliki support yang siap membantu dengan berbagai media komunikasi untuk mempercepat pelayanan kami.

Kami siap melayani :

- TIKET PESAWAT
- TIKET KERETA API
- VOUCHER HOTEL
- TOUR DOMESTIK ( Karimunjawa, Jogja, Bali, Lombok, Malang, Rafting, Banyuwangi Dll )
- RENTAL ELF, BUS & MOBIL

-Dapatkan bonus free kirim tiket untuk pembelian tiket lebih dari satu.
-Free antar kebandara untuk pemesanan tiket minimal 3 orang, untuk wilayah sidoarjo.

=Kami menerima kerjasama perusahaan / instansi sebagai penyedia Tour / Pembelian Tiket Dinas.=

Best Regards
Halo Indonesia Tour & Travel
P. Sidokare Asri QQ.2 Sidoarjo
081235618281 / 085730077308
54E0B52 / 7ECC7D00
www.halo-indonesia.com
Anda bisa menghubungi kami melalui SMS, BBM, Ym Chat, Tlp, email semua 24 jam