Senin, 30 Juni 2014

INDOFEST


DAPOER WONG KITO DAN PECEL LELE DI KOTA ROBIN HOOD 

Zeynita Gibbons
     Oleh Zeynita Gibbons
  Nottingham, 8/6 (Antara)  -    Dapoer Wong Kito yang menyediakan  empek empek Palembang serta hidangan  pecel lele yang sangat terkenal di Tanah Air berhasil melepas rasa rindu warga Indonesia pada acara pesta rakyat  Indofest di kota Robin Hood, Nottingham, Sabtu.

        Indofest yang juga menjadi ajang promosi dan kuliner Indonesia secara resmi dibuka Dubes RI untuk Kerajaan Inggris Raya dan Republik Irlandia Hamzah Thayeb di lapangan University of Nottingham berhasil menarik perhatian masyarakat kota Nottingham.

        Ketua panitia Indofest Erny Willya Alidin,  mengatakan Indofest yang awalnya acara kumpul- kumpul yang digelar  setiap tahun oleh pelajar yang menuntut ilmu di Universitas Nottingham telah berlangsung selama 11 kali.

       Indofest menjadi agenda tahunan pesta rakyat diisi dengan berbagai pertandingan, bazar makanan, stand batik dan busana tradisional kebaya dari R Leny Mc Donell, dan demo membatik pameran foto serta  permainan rakyat di Tanah Air seperti tarik tambang, makan kerupuk, lari dengan bakiak, memasukan pensil ke dalam botol dan balap karung.

      Dubes Hamzah Thayeb menghargai acara yang digelar oleh para pelajar yang diakuinya justru mahasiswa Indonesia yang ada di Nottingham adalah duta bangsa yang langsung mempromosikan Indonesia dikalangan universitas tempat mereka menuntut ilmu.

       "Sudah lama nggak makan pecel lele," ujar Atu Rosalina Sagita yang datang ke acara Indofest bersama sang suami dan putri mereka yang baru berusia setahun Mutiara yang menetap di kota Lougborogh.

        Rasa rindu Atu Rosalina Sagita, pemain bulutangkis Indonesia yang bergabung dengan klub di Perancis itu pun terobati dan juga kegemarannya akan mpek empek yang dijual di warung Dapoer Wong Kita juga terpenuhi.

        Meskipun diawali acara hujan mengguyur kota Nottingham tidak menyuruti keinginan masyarakat Indonesia dan  Inggris untuk meramakan ramainya acara  menghadiri acara pesta rakyat yang menjual berbagai kuliner Indonesia.

       Acara Indofest selalu ditunggu tunggu masyarakat Indonesia bahkan mereka yang tinggal di London dan harus menempuh perjalanan dengan kereta api selama dua jam tidak menyuruti Ika Whitehead yang datang bersama Ansyelina Monika untuk memburu kuliner Indonesia di Indofest.

       Selain itu rombongan dari para pelajar dan masyarakat Indonesia yang datang dengan bus dari Skotlandia, Aberden, Edinburg, Birmingham, Newcastle, Southampton,Exeter, London dan York yang bertujuan untuk mengikuti pesta rakyat.

       Dalam acara Indofest yang mendapat dukungan dari Atase Pendidikan KBRI London itu juga digelar pertandingan sepak bola, futsal, basket dan bulu tangkis memperebutkan piala Bhineka bagi juara umum.

       Atase Pendidikan KBRI London Fauzi Soelaiman dalam kesempatan itu menyampaikan penghargaannya dan juga selamat kepada panitia Indofest dan kepada para  pendukung acara, penari dan penyanyi serta pemain musik dan peserta bazar sekaligus pamitan karena akan kembali ke Tanah Air tugas sebagai Atdikbud akan berakhir awal Juli.

       Acara Indofest juga dimanfaatkan bagian Konsulat KBRI London mengelar warung konsuler  yang memberikan pelayanan bagi masyarakat Indonesia yang ingin memperpanjang paspor dan lapor diri yang dilayani langsung oleh protokol consular Minister Consular KBRI London, Eka A Suripto. ***3***
(ZG/b/a011)
arnaz
(T.H-ZG/B/A.F. Firman/A.F. Firman) 08-06-2014 08:11:13

Tidak ada komentar: