Senin, 30 Juni 2014

SERBIA


KBRI BEOGRAD BANTU KORBAN BANJIR SERBIA

         London, 2/6 (Antara) - Dubes RI di Beograd, Semuel Samson, atas nama KBRI dan masyarakat Indonesia di Beograd, Serbia, menyerahkan bantuan kemanusiaan bagi korban banjir bandang di Serbia bertempat di halaman kantor Red Cross of Serbia, Minggu.

        Bantuan tersebut diterima langsung President Red Cross of Serbia (RCS), Prof Dr Dragan Radovanovic, didampingi oleh Head of International Relations - RCS, Mr Ijubomir Miladinovic, demikian Fungsi Politik - KBRI Beograd, WP Gultom kepada Antara London, Senin.

        Bantuan senilai 5.000 dolar AS diberikan dalam bentuk barang-barang sanitary, alat-alat kebersihan, pampers dan makanan kaleng, merupakan hasil gotong-royong dan pengumpulan dana yang digerakan dan dikoordinasikan bersama  KBRI Beograd dan masyarakat Indonesia di Beograd, yang dimulai sejak diumumkannya status ¿State of Emergency¿ bencana banjir oleh PM Serbia, Aleksandar Vucic, pada tanggal 15 Mei  lalu.

        Menurut Gultom, terjadinya bencana banjir tersebut merupakan dampak dari "Badai Siklon Tamara", yang melanda wilayah Serbia dan beberapa negara di kawasan Balkan Barat sejak 13 Mei lalu , yang mengakibatkan tingginya curah hujan.

        Posisi Serbia yang sebagian besar wilayahnya dilewati aliran sungai "Sava" (salah satu sungai besar yang melintasi kawasan Balkan Barat), menjadi wilayah yang paling berat terkena dampak banjir , enam kota dan 16 kota munisipal), termasuk beberapa wilayah di negara lainnya, seperti Bosnia-Herzegovina dan Kroasia.

        Selain merusak berbagai prasarana infrastruktur, industri dan berbagai fasilitas bangunan masyarakat, bencana banjir juga merusak sebagian besar kawasan lahan pertanian di Serbia. Total kerugian diperkirakan mencapai  500 juta dolar AS dan diperkirakan membutuhkan waktu lima tahun untuk process recovery.

        Direktur RCS dalam penjelasannya menyampaikan, bahwa sekitar 40 ribu rumah terendam banjir dan sekitar tiga sampai empat ribu rumah dalam kondisi hancur. Jumlah korban meninggal tercatat 33 orang dan sekitar + 31 ribu orang di evakuasi ke lokasi pengungsian.

        Dikemukakannya, bahwa saat ini pihak pengelola dana bantuan sangat membutuhkan berbagai barang kebutuhan kebersihan (sanitary) dan juga makanan kaleng, yang akan dibagikan kepada keluarga korban banjir.

        Pihak RCS menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih yang besar atas perhatian dan rasa kepedulian yang diberikan oleh KBRI dan masyarakat Indonesia di Serbia, yang saat ini sedang mengalami kesulitan besar akibat bencana banjir tersebut.

        Sementara itu Prof Radovanovic, mengatakan bantuan ini merupakan wujud nyata hubungan tali persahabatan yang sangat erat antara kedua negara.

        Pada kesempatan tersebut, Dubes juga menyampaikan bahwa penyerahan bantuan tersebut bukanlah yang pertama. KBRI bersama masyakarat Indonesia di Beograd, akan terus berupaya  menggalang berbagai bentuk bantuan yang dibutuhkan, sebagai wujud kepedulian rakyat Indonesia bagi saudara-saudaranya di Serbia.(ZG) ***3***
(T.H-ZG/B/B. Situmorang/B. Situmorang) 02-06-2014 08:24:05

Tidak ada komentar: