Senin, 25 Juli 2011

HUT RI DI RUSIA

BERBAGAI LOMBA MERIAHKAN HUT RI KE-66 DI RUSIA

London, 25/7 (ANTARA) - Berbagai kegiatan digelar KBRI Moskow menyongsong Peringatan HUT RI ke-66 dengan menggelar berbagai lomba olahraga, permainan anak-anak, upacara bendera dan acara temu masyarakat pada tanggal 17 Agustus 2011, serta resepsi diplomatik yang direncanakan pertengahan September setelah Bulan Suci Ramadhan di Moskow dan Minsk.

Sekretaris Kedua Fungsi Pensosbud KBRI Moskow, Enjay Diana kepada ANTARA London, Senin, mengatakan semangat persatuan dan kesatuan bangsa dalam menyongsong peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-66, 17 Agustus 2011 dirasakan oleh masyarakat Indonesia di Rusia.

Dikatakannya, lebih dari 100 orang warga Negara Indonesia di Rusia yang terdiri dari staf KBRI Moskow, mahasiswa dan masyarakat Indonesia di Rusia mengikuti berbagai lomba olahraga, antara lain bulutangkis, bola voli dan tenis meja yang digelar di gelanggang olahraga Bauman Moscow State Technical University, Moskow.

Peserta tidak hanya WNI yang bermukim di Moskow, tetapi juga dari daerah lainnya di Rusia, seperti Voronezh dan Ufa. Selain itu, anak-anak Indonesia di Rusia menyemarakan pula acara kebersamaan tersebut dengan berbagai permainan anak-anak.

Duta Besar Repubik Indonesia untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus Hamid Awaludin yang membuka lomba olahraga menyampaikan bahwa perlombaan bukan untuk mencari otot siapa yang paling kuat, tetapi untuk menjunjung tinggi kebersamaan dan solidaritas sesama warga negara, terlebih-lebih yang berada di luar negeri.

"Meskipun menang, tidak akan dikirim ke Olimpiade atau ASEAN Games. Bahkan yang mengalah untuk menang akan mendapat pahala karena telah membahagiakan lawan bertanding dengan memberikan kemenangan," ujar Dubes Hamid Awaludin disambut meriah peserta lomba.

Menurut Ketua Panitia HUT RI ke-66 KBRI Moskow/Minister Counsellor Fungsi Protokons Hari Tjahjono, masyarakat Indonesia di Rusia mencerminkan ke-bhinneka-an bangsa Indonesia. Oleh karena itu rasa cinta tanah air dan bangsa harus tetap dijaga sesuai dengan tema HUT RI, yaitu "Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, Kita Tingkatkan Kesadaran Hidup dalam ke-Bhinneka-an untuk Kokohkan Persatuan NKRI".

Terkait dengan kepemimpinan Indonesia dalam forum ASEAN dan sesuai dengan tema HUT RI juga, yaitu "Kita Sukseskan Kepemimpinan Indonesia dalam Forum ASEAN untuk Kokohkan Solidaritas ASEAN", KBRI Moskow menyelenggarakan lomba olahraga bulutangkis dan tenis meja di gelanggang olahraga Bauman Moscow State Technical University yang diikuti sekitar 150 peserta dari Kedutaan-kedutaan Besar ASEAN di Rusia.

Selain untuk memperkokoh solidaritas ASEAN, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyongsong HUT ASEAN ke-44 dan menyemarakan 15 tahun Dialog ASEAN-Rusia.

(T.H-ZG/B/Y008/C/Y008) 25-07-2011 20:35:07

Tidak ada komentar: