INDONESIA PERKUAT PENETRASI PASAR DI PRAHA
Oleh Zeynita Gibbons
London, 19/6 (Antara) - KBRI Praha mewakili Indonesia berpartisipasi pada Export Festival 2015 di Praha, Republik Ceko selama 17-18 Juni dalam rangka memperkuat penetrasi pasar di ekspor di negara tersebut.
Pada festival yang dihelat di Prague Congress Center ini, KBRI Praha dengan dukungan Indonesian Trade and Promotion Center (ITPC) Budapest menampilkan berbagai produk yang beredar di Ceko dan sekitarnya serta memiliki potensi untuk dipasarkan di negara itu antara lain, mie instant, makanan ringan, kopi, kosmetik, kembang gula, kerajinan berbahan batik, produk turunan minyak sawit, produk rempah, sambal, kacang, dan sepeda.
KBRI Praha menyajikan contoh makanan dan minuman untuk dikonsumsi khalayak, berupa mie instant goreng, dadar gulung dan kopi asal Indonesia. Apresiasi positif diberikan khalayak yang mencoba makanan dan minuman tersebut. Tidak kurang dari 400 porsi mie goreng dan 400 potong dadar gulung habis diserbu pengunjung.
Selain itu juga menampilkan demonstrasi pembuatan batik oleh peserta program Dharmasiswa asal Ceko yang menjadi wahana mempromosikan program beasiswa kepada khalayak Ceko.
Demonstrasi batik ini menarik perhatian pengunjung yang sebagian besar adalah pengusaha asal Ceko.
Menteri Industri dan Perdagangan Ceko, Jan Mládek yang dalam pidato pembukaannya menekankan pentingnya menjalin jejaring antar pengusaha dari berbagai negara dengan pengusaha Ceko. Upaya tersebut ditunjukkan, antara lain, dengan melibatkan Kedutaan Besar dan perwakilan dagang dari negara sahabat.
Selain diikuti oleh pengusaha dari Ceko, Export Festival juga diikuti oleh 24 negara yang diwakili Kedutaan Besar dan misi dagang masing-masing.
Export Festival diselenggarakan asosiasi pengusaha Ceko, CzechInno, bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Perdagangan dan Industri Republik Ceko yang mana tahun ini adalah penyelenggaraan yang ketiga.
Selain pameran, Export Festival juga diisi seminar, business matching, dan pertunjukan kebudayaan.
Menurut Duta Besar RI untuk Republik Ceko, Aulia Aman Rachman, partisipasi KBRI Praha pada kegiatan Export Festival sebagai salah satu pelaksanaan diplomasi ekonomi untuk mendukung visi-misi Pemerintah RI guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan membuka peluang ekspor selebar-lebarnya.
Dia mengatakan, KBRI Praha akan terus pro-aktif memanfaatkan setiap peluang yang ada untuk mempromosikan Indonesia, termasuk dengan mengikuti berbagai pameran dan eksposisi yang diselenggarakan di Ceko.
Kreativitas dan pendekatan yang dilakukan KBRI Praha kepada pihak terkait menjadi salah satu kunci mengatasi keterbatasan anggaran untuk mengikuti berbagai kegiatan, ujarnya.
Export Festival 2015 dimanfaatkan KBRI Praha mempromosikan pariwisata dengan menyampaikan brosur berisi informasi pariwisata di Indonesia.
Strategi ini dinilai cukup berhasil, terbukti dengan adanya pendekatan yang dilakukan sejumlah biro perjalanan wisata beroperasi di Ceko meminta informasi tentang potensi pariwisata di Indonesia.
Memanfaatkan momentum Export Festival 2015, juga dilakukan diseminasi informasi tentang Trade Expo Indonesia (TEI) ke-30 yang akan di selenggarakan di Jakarta pada bulan Oktober 2015 mendatang. Diseminasi dilakukan untuk menjaring pengusaha dan pembeli potensial dari Ceko untuk hadir pada TEI ke-30 di Jakarta.
Partisipasi Indonesia pada Export Festival berhasil dengan banyaknya permintaan terhadap berbagai produk yang ditampilkan selama dua hari kegiatan, tidak kurang dari 30 permintaan terhadap produk yang ditampilkan, seperti gula, buah yang dikeringkan, bubuk coklat, rempah-rempah, produk kabel, produk mineral, kosmetik, mie instant, kopi, batik, dan potensi pariwisata.***3***(ZG)
(T.H-ZG/B/Subagyo/C/Subagyo) 19-06-2015 21:25:55
Tidak ada komentar:
Posting Komentar