Rabu, 27 Februari 2008

DISKUSI POLITIK INDONESIA

D0270208001197 27-FEB-08 PLK JKT

INGGRIS GELAR DISKUSI POLITIK DAN PROSPEK EKONOMI INDONESIA


London, 27/2 (ANTARA) - Sejumlah tokoh Indonesia akan mengikuti diskusi politik yang digelar Wilton Park Conference di komplek pelatihan Wilton Park, Steyning, West Sussex, Inggris, selama tiga hari dari tanggal 3 hingga 6 Maret mendatang.


Program Director Wilton Park, Isobelle Jaques kepada ANTARA London, Rabu mengatakan konperensi diadakan Wilton Park Conference bekerja sama dengan British Council, Jakarta, dan kantor Departemen Luar Negeri Inggris (Department for International Development and the Foreign and Commonwealth Office).


Dikatakannya, konperensi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dalam menghadapi pemilihan umum di Indonesia 2009 selain untuk melihat kecenderungan dan dampak pembangunan ekonomi, sosial dan politik pada kestabilan di dalam negeri.


Isobelle Jaques mengatakan konperensi ini juga untuk mempromosikan pengertian yang lebih baik mengenai pembangunan Indonesia dengan pemerintahan di negara Barat khususnya di Eropa serta para pelaku usaha.


Menurut Isobelle Jaques, dalam beberapa tahun terakhir ini, pemerintahan Inggris memiliki hubungan yang sangat baik dengan Indonesia yang dapat dilihat dari adanya dukungan Departemen Luar Negeri Inggris dan Departemen Penbangunan Internasional serta British Council untuk menyelengarakan konperensi mengenai Indonesia.


Dikatakannya, konperensi yang digelar oleh Wilton Park Conperence kali ini bukan untuk yang pertama, karena pada tahun 1995, juga pernah digelar acara serupa dengan mengambil topik "Indonesia at 50"

Diskusi yang dibagi dalam beberapa topik diantaranya mengenai demokrasi, desentralisasi dan dampaknya pada pembangunan dan politik di daerah, politik Islam dan pluralisme serta kestabilan politik dan masalah terorisme dan ekstimis.


Tampil sebagai pembicara dalam konperensi yang setiap peserta dikenakan biaya sebasar 1.250 pound sterling itu antara lain Dewi Fortuna Anwar(LIPI) , mantan Menteri Negara Otda Ryas Rasyid , Smita Notosusanto, dan Yudi Latif. Fauzi Ichsan, Suprayoga Hadi, serta Clara Joewono, Sekjen DPP_PKB Yenny Zannuba Wahid, Ansyad Mbai, Sidney Jones. anggota Dewan Pertimbangan Presiden Emil Salim,, serta Dirut Pertamina Ari H. Sumarno.


Selain itu juga ada pembicara dari anggota parlemen Inggris yang akan membahas strategi perkembangan hubungan Indonesia- Inggris,

Kepala Perutusan RI di PPB New York yang mantan Dubes RI di kerajaan Inggris Marty Natalegawa juga menjadi salah satu pembicara, selain Rizal Sukma, Bivitri Susanti, Saldi Isra dan Aguswandi.


Tokoh Islam yang tampil dalam konperensi itu antara lain Masykuri Abdillah, Wakil Ketua PBNU dan Ketua umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin,.(U-ZG) /B/A011)

(T.H-ZG/B/A011/A011) 27-02-2008 10:14:20


Tidak ada komentar: