Jumat, 08 Agustus 2008

RESTORAN HUNGARIA

MAKANAN INDONESIA MASUK RESTORAN ROSZAKERT HUNGARIA


London, 9/8 (ANTARA) - Makanan Indonesia untuk pertama kalinya diperkenalkan kepada masyarakat Hungaria oleh putri pemilik restauran di Kota Budaors sekitar 20 km dari Budapest yang menggeluti profesi bidang pariwisata.

Juliana Koblov yang pernah mengikuti beasiswa Darmasiswa dari Departemen Luar negeri RI yang belajar di Universitas Padjajaran, Bandung tidak saja memperkenalkan makanan, tetapi juga seni budaya Indonesia yang ditampilkan di Restauran Roszakert.


Sekretaris I, Pensosbud KBRI Budapest Arena Sri Victoria kepada koresponden ANTARA London, Sabtu mengatakan Juliana Koblov memiliki ikatan budaya yang sangat kuat dengan Indonesia itu melihat peluang bisnis dengan memperkenalkan makanan dan budaya yang dipelajarinya.


Arena mengatakan sehari dalam seminggu, Restauran Roszakert hanya menyajikan menu Indonesia dan menampilkan kesenian Indonesia berupa tari tarian kepada tamu yang datang.


Program memperkenalkan makanan Indonesia itu diluncurkan Dubes RI untuk Republik Hungaria merangkap Republik Kroatia, Bosnia-Herzegovina, dan Macedonia, Mangasi Sihombing, beserta isteri yang menjadi tamu kehormatan.


Pemilik restauran Kelemen Tibor mengharapkan Dubes dan Ny Mangasi Sihombing memberi penilaian dan juga saran untuk dapat meningkatkan kualitas makanan Indonesia yang disajikan.


"Pesanan tempat untuk minggu depan sudah penuh," ujar Juliana Koblov yang mengaku mencari resep makanan Indonesia melalui internet seperti resep masakan asal Maluku ikan tuna dengan saus buah alpukat dan kalio ayam dari Padang.


Suasana Indonesia terasa sangat kental di restauran yang menampilkan musik rindik Bali yang ditampilkan alumni Darmasiswa lainnya diantaranya Nemeth Gabor, Terfy Andras, Oliver dan Felicia Zsinka. Apalagi saat Shinto Murastuti melantumkan lagu Indonesia mulai dari irama dangdut sampai campur sari.


Menurut Arena, dalam mensukseskan promosi masakan dan senibudaya Indonesia, KBRI Budapest menyumbangkan brosur yang diberikan kepada pengunjung restauran.

***2***(U-ZG/(T.H-ZG/B/A027/B/A027) 09-08-2008 06:03:09


Tidak ada komentar: