Selasa, 12 Agustus 2008

WAYANG KULIT ANOMAN DUTA

KBRI BERLIN GELAR WAYANG KULIT ANOMAN DUTA


London, 12/8 (ANTARA) - Sekitar 400 penonton menyaksikan wayang kulit "Anoman Duta" yang digelar KBRI Berlin bekerjasama dengan Universitas Indonesia di Haus der Kulturen der Welt, yakni tempat pertunjukan budaya terkenal yang berada dekat Kantor Kanselir Jerman Angela Markel dan Istana Bellevue, akhir pekan lalu.


Pagelaran dengan lakon Anoman Duta (Anoman der Gesandte) dari cuplikan Ramayana dibawakan dalang Ki Prasetyo Bayu Aji dari Solo dengan diiringi sinden dan pengrawit dari Sanggar Abdi Solo dan Komunitas Wayang UI, ujar Sekretaris I Pensosbud KBRI Berlin Agus Priono kepada koresponden Antara London, Selasa

Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Berlin, Wajid Fauzi mengatakan pertunjukan wayang diselenggarakan dalam rangka mempromosikan budaya Indonesia, terutama untuk mensukseskan Visit Indonesia dan sekaligus memperingati HUT RI ke-63.


Dikatakannya dengan digelarnya pertunjukan wayang akan dapat mempererat hubungan kedua negara, dan diharapkannya masyarakat Jerman yang berkunjung ke Indonesia dapat menikmati berbagai ragam keunikan budaya yang ada.


Dalang muda penuh bakat Ki Prasetyo Bayu Aji dari Solo, putra dalang kondang Ki Anom Suroto, dengan kepiawaiannya memainkan wayang kulit yang dibarengi dengan suara/irama serta gurauan-gurauan yang menyegarkan tidak saja menarik penggemar wayang dari Jerman tetapi juga negara lain seperti Belanda.


Menurut Agus Priono, pihak Haus der Kulturen der Welt merasa khawatir banyaknya penonton yang naik ke panggung dan bahkan merasa "surprise" dengan antusiasme para penonton .


Hal tersebut belum pernah terjadi pada pertunjukan-pertunjukan budaya sebelumnya yang diselenggarakan oleh negara lain, ujarnya.


Antusiasme penonton juga terlihat dengan tidak satupun diantara mereka yang meninggalkan tempat duduk sampai pertunjukan selesai.


Bahkan sebaliknya, usai pertunjukan banyak penonton naik ke atas panggung melihat dari dekat dalang memainkan wayang serta sinden dan pemain gamelan yang tetap memainkan gamelan dari dekat, demikian Agus Priono. ***2***

(U-ZG/B/Z003)(T.H-ZG/B/Z003/Z003) 12-08-2008 11:06:45


Tidak ada komentar: