Rabu, 20 Agustus 2008

RESEPSI DI BULGARIA

RESEPSI DIPLOMATIK RI DI BULGARIA BERLANGSUNG SEMARAK

London, 20/8 (ANTARA) - Sekitar 300 orang tamu menghadiri resepsi peringatan Kemerdekaan RI ke-63 di Wisma Duta, KBRI Sofia, Bulgaria, di penghujung musim panas yang cukup cerah, Selasa, 19 Agustus malam.

Para tamu dan undangan yang hadir dalam resepsi tersebut berasal dari berbagai kalangan di Bulgaria yaitu pejabat pemerintahan Bulgaria termasuk Deputi Menlu Radion Popov dan Deputi Menteri Kebudayaan Yavor Milushev.

Sekretaris Ketiga, Fungsi Informasi, Sosial-Budaya, Protokol & Konsuler KBRI Sofia, Aditya Timoranto kepada koresponden Antara London, Rabu mengatakan dalam resepsi itu juga hadir pejabat kantor Presiden, Perdana Menteri, dan beberapa Kementerian, wali kota dan pemerintah daerah serta pejabat Kamar Dagang dan Industri Bulgaria.

Selain itu beberapa pengusaha dan anggota International Women's Club Sofia, para Duta Besar, wakil Kedubes negara asing dan "Friends of Indonesia" datang sejak pukul 18.30 serta mengantri untuk mengucapkan selamat HUT RI kepada Dubes Immanuel Robert Inkiriwang, beserta Ny Fely Rose Inkiriwang.

Menurut Aditya Timoranto, jumlah tamu yang datang melebihi perkiraan, mengingat bulan Agustus merupakan musim libur dan banyak pejabat tinggi Pemerintah Bulgaria mulai dari Perdana Menteri hingga para Menteri yang mengambil cuti.

Bahkan beberapa Kedubes negara asing di Sofia seperti Hungaria yang memperingati Hari Kemerdekaannya pada tanggal 20 Agustus dan India menunda resepsi diplomatik negara mereka, ujarnya.

Banyak undangan, termasuk kalangan Duta Besar asing di Sofia menyatakan terperanjat melihat banyaknya tamu dan undangan yang datang ke resepsi diplomatik di Wisma Duta.

Sebagian tamu menyatakan kekaguman karena resepsi diplomatik yang berlangsung di Wisma Duta memiliki keistimewaan dibandingkan dengan resepsi-resepsi diplomatik terkait dengan hari nasional lainnya yang diselenggarakan di Sofia.

Suasana Indonesia menghiasi sudut-sudut Wisma Duta dengan berbagai ornamen dan hiasan khas termasuk kain bentenan dari Sulwawesi Utara, dan hiasan bercorak merah-putih, serta alunan musik angklung dan Gamelan Sunda yang mengalun sepanjang acara.

Penampilan grup tari Pesona Mawar Nusantara yang sebagian besar anggotanya adalah para pelajar putri yang membawakan beberapa tarian Indonesia juga memukau tamu dan undangan.

Sebelumnya pada Minggu, upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-63 digelar disertai serangkaian acara seperti upacara bendera, pemberian penghargaan dan pemotongan nasi tumpeng serta pertunjukkan tari.

Meskipun warga Indonesia di Bulgaria hanya 38 orang namun peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-63 berlangsung semarak karena tidak hanya dihadiri staff KBRI beserta keluarga tapi juga pelajar Bulgaria anggota grup tari binaan KBRI serta warga Bulgaria pencinta Indonesia tergabung dalam Klub Nusantara.

Dalam kesempatan ini, Duta Besar RI dan Ibu Fely Rose Inkiriwang berkenan memberikan nama "Pesona Mawar Nusantara" bagi grup tari ini.

Peringatan Hari Kemerdekaan itu dimulai dengan Upacara Bendera yang yang dipimpin Dubes Immanuel Robert Inkiriwang, sebagai Inspektur Upacara untuk pertama kalinya sejak menjadi Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Republik Bulgaria dan Republik Albania.

Selain itu, hadir pula mahasiswa Indonesia yang mengikuti International Forestry Students Symposium (IFSS) di Bulgaria.

"Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, sebagai inisiatif baru tahun ini diselenggarakan pertandingan yang melibatkan beberapa Duta Besar dan staf dari Kedubes negara Asia Timur seperti China, Jepang, Korea Utara, Korea Selatan, dan Viet Nam, ujarnya.

Rangkaian acara dimeriahkan pula dengan pemotongan tumpeng oleh Duta Besar RI serta ramah tamah sambil menikmati makanan Indonesia. ***5***(U-ZG/B/M007)(T.H-ZG/B/M007/M007) 20-08-2008 12:43:55

Tidak ada komentar: