Senin, 21 November 2011

DUBES HAVAS

DUBES HAVAS TERIMA GELAR KSATRIA DI BELGIA

London, 18/11 (ANTARA) - Duta Besar RI untuk Belgia, Luksemburg dan Uni Eropa, Arif Havas Oegroseno, memperoleh gelar "Knight" (Ksatria) dari organisasi filantropis "Confrerie Du Rat Mort" dalam satu perhelatan khusus yang diselenggarakan di kota Oostende, Belgia.

Gelar itu dianugerahkan kepada Duta Besar Oegroseno sebagai penghargaan atas upayanya dalam mempromosikan hubungan antara warga Indonesia-Belgia melalui kesenian dan kebudayaan, demikian siaran pers KBRI Brusel yang diterima ANTARA London, Jumat.

Organisasi filantropis itu, yang didirikan di Oostende, Belgia, pada tahun 1861, bertujuan awal untuk mengumpulkan dana bantuan bagi keluarga para nelayan Oostende yang meninggal dunia di tengah laut saat mencari nafkah bagi keluarganya.

"Confrerie Du Rat Mort" kini berkembang menjadi organisasi filantropi yang mempromosikan hubungan antarbangsa.

Arif Havas Oegroseno, dilantik Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Dubes LBBP RI untuk Kerajaan Belgia merangkap Luksemburg dan Uni Eropa di Jakarta pada 10 Agustus lalu.

Arif Havas pernah menjadi direktur jenderal Hukum dan Perjanjian Internasional, Kementerian Luar Negeri. Lulusan Harvard Law School itu pernah mengenyam pendidikan di Fakultas Hukum Universitas Diponegoro di Semarang.

Arif Havas Oegroseno selama ini dikenal sebagai sosok diplomat tangguh di balik berbagai masalah perbatasan wilayah RI.

Diplomat karir lulusan Sekolah Dasar Dinas Luar Negeri Kemenlu ini memulai karir diplomatiknya pada Perwakilan Tetap RI di Jenewa (1993-1997).

Dubes Havas menjadi Dubes ASEAN pertama dan Dubes Asia kedua yang mendapat kehormatan membuka perdagangan di lantai bursa saham Brussel, New York Stock Exchange (NYSE) Euronext Brussel, pada 17 Agustus 2011 sejak bursa ini beroperasi pada 1801.

Presiden Dewan Uni Eropa, Herman Van Rompuy, dan Wakil Perdana Menteri Belgia, Didier Reynders, juga pernah membuka perdagangan saham di Brussel masing - masing pada 2010 dan awal 2011.

Usai pembukaan, manajemen NYSE Euronext Brussel mengatakan, pihaknya sangat tertarik pada perkembangan perekonomian Indonesia dan mengundang Dubes Havas untuk berdiskusi lebih jauh mengenai peluang investasi di Indonesia.***6***
(Tz.ZG/C/M016)

(T.H-ZG/C/M016/M016) 18-11-2011 19:01:45

Tidak ada komentar: