Senin, 21 November 2011

PROMOSI TERPADU

PROMOSI TERPADU PARIWISATA DAN INVESTASI DI HAMBURG

London, 9/10 (ANTARA) - Perwakilan RI di Jerman yaitu KBRI Berlin, KJRI Hamburg dan KJRI Frankfurt bekerjasama dengan Handelskammer (KADIN) Hamburg dan German - Asia Pacific Business Association (OAV) telah menyelenggarakan kegiatan Promosi Terpadu Tourism, Trade, and Investment (TTI) di Hamburg.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Perwakilan RI di Jerman untuk senantiasa memanfaatkan berbagai peluang dalam rangka memajukan hubungan ekonomi RI - Jerman, utamanya ditujukan untuk menjembatani para pemangku kepentingan di Indonesia, khususnya para pengusaha menemukan mitranya di Jerman.

KJRI Hamburg dalam keterangannya yang diterima ANTARA London, Rabu menyebutkan kegiatan Promosi Terpadu TTI merupakan program berkala yang diselenggarakan setiap tahun dengan tema dan fokus yang berbeda.

Setelah sukses menyelenggarakan kegiatan pertama di Kota Munchen tahun lalu, kali kini Kota Hamburg mendapat giliran sebagai tempat pelaksanaan promosi terpadu Indonesia.

Sebagai salah satu kota perdagangan terpenting di Jerman dan juga dikenal sebagai kota pelabuhan terbesar kedua di Eropa, Hamburg di nilai sangat potensial untuk pengembangan peluang ekonomi maupun jejaring bisnis Indonesia.

Penyelenggaraan kegiatan kali ini memilih tema ?Remarkable Indonesia: Tourism, Trade, and Investment Opportunities in Indonesia? -- Towards the 6oth Anniversary of Indonesia ? Germany Bilateral Relations dan dibuka secara resmi oleh Duta Besar RI untuk Jerman Dr. Eddy Pratomo.
Dalam sambutannya, Dubes RI menjelaskan bahwa fokus utama promosi terpadu ini ada pada empat sektor yang menjadi ketertarikan bersama kedua negara yaitu energi terbarukan, infrastruktur, komoditi dan pariwisata.
"Saya yakin bahwa sektor-sektor ini mewakili lingkup utama dari kesempatan usaha bagi para pebisnis, calon investor serta pemangku kepentingan yang lain di Jerman yang tengah mencari peluang usaha di Asia Tenggara," demikian tutur Dr. Eddy Pratomo.
Seminar diawali pula oleh sambutan dari Wakil KADIN Hamburg, Dr. Jens Peter Breitengross dan Wakil Menteri Ekonomi Hamburg, Dr. Bernd Egert.
Untuk menjelaskan berbagai kebijakan dan peluang usaha di Indonesia, hadir menyampaikan keynote address yaitu Dr. Bayu Krisnamurthi (Wakil Menteri Perdagangan), Dr. Sapta Nirwandar (Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif), Dr. Bambang Susantono (Wakil Menteri Perhubungan) serta delegasi dari BKPM dan Kementerian Perindustrian.
Sementara itu, untuk memberikan kepastian keamanan bagi para calon investor, hadir pula Brigjen (Pol) Anas Yusuf dari Bareskrim Polri yang memaparkan mengenai perkembangan terkini situasi keamanan di Indonesia.

Kegiatan diisi oleh acara seminar yang dibagi dalam dua sesi. Pada sesi pertama yang dimoderatori Ms. Corina Nienstedt dari KADIN Hamburg, tampil sebagai pembicara Dr. Ing. Ilham Habibie (Ketua Kadin Komite German, Austria dan Swiss) dan Timo Prekop (Executive Member of Board, German-Asia Pacific Business Association/OAV) yang membahas mengenai berbagai upaya penguatan hubungan ekonomi Indonesia-Jerman.
***5***
(T.H-ZG/B/S006/S006) 09-11-2011 20:46:52

Tidak ada komentar: