Rabu, 30 November 2011

PERSEPSI POSITIF ASEAN

MAHASISWA BERPERAN DALAM BENTUK PERSEPSI POSITIF ASEAN

London, 30/11 (ANTARA) - Direktur Jenderal Kerjasama ASEAN Kemlu RI, Djauhari Oratmangun mengungkapkan mahasiswa Indonesia dapat berperan dalam membentuk persepsi positif bahwa ASEAN adalah kawasan yang aman dan stabil.

Hal itu disampaikan dalam diskusi interaktif yang berlangsung di Aula KBRI Berlin, ujar Counsellor Fungsi Pensosbud KBRI Berlin, Ayodhia GL Kalake kepada ANTARA London, Rabu.

Dalam acara yang dipandu Wakil Kepala Perwakilan RI Berlin, Diah Rubianto tersebut, Dirjen Kerjasama ASEAN Kemlu RI menyampaikan terdapat tiga prioritas utama Pemerintah Indonesia sebagai Ketua ASEAN selama tahun 2011.

Ketiga prioritas tersebut adalah memastikan adanya kemajuan yang signifikan dalam pencapaian Komunitas ASEAN 2015, terpeliharanya tatanan dan situasi di kawasan yang kondusif bagi upaya pencapaian pembangunan.

Selain dengan dimotori peran sentral ASEAN dan menggulirkan pembahasan mengenai visi "ASEAN pasca-2015", yaitu peran masyarakat ASEAN dalam masyarakat dunia (ASEAN Community in a global community of nations).

Dikatakannya Indonesia berupaya agar kerjasama eksternal ASEAN makin diperkuat melalui forum East Asia Summit (EAS) yang melibatkan partisipasi dari 18 negara termasuk Amerika Serikat dan Rusia.

Penguatan EAS ini tidak lain merupakan upaya untuk menjaga stabilitas dan keamanan di kawasan ASEAN dan Asia Timur agar dalam jangka panjang dapat mendukung kemakmuran bersama serta menjadikan kawasan Asia tetap menjadi pusat pertumbuhan perekonomian dunia.
Djauhari Oratmangun menjelaskan Indonesia berhasil menyelenggarakan rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-19 ASEAN di Bali yang secara resmi ditutup Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono.

Berbagai pertanyaan dan pandangan menarik dilontarkan mahasiswa selama diskusi yang berlangsung secara dinamis, antara lain mengenai kemungkinan riset bersama antara para peneliti di ASEAN.

Peranan mahasiswa dalam turut mempromosikan center of growth di ASEAN, pengembangan ekonomi mikro di Indonesia, serta kemungkinan dibentuknya perkumpulan mahasiswa antar mahasiswa ASEAN di negara ketiga.

Selain itu ia juga mengungkapkan melalui ASEAN University Network dimungkinkan kerjasama mahasiswa dan peneliti dari negara-negara ASEAN. Saat ini tengah diupayakan pembentukan kajian ASEAN di beberapa universitas di Indonesia, ujarnya.

Acara berlangsung semakin meriah dengan penayangan video mengenai visi keketuaan Indonesia di ASEAN pada tahun 2011 dan langkah-langkah menuju terbentuknya Komunitas ASEAN 2015, serta penampilan musik persembahan dari perwakilan mahasiswa Indonesia di Jerman.***3***
(ZG)
(T.H-ZG/B/E001/E001) 30-11-2011 10:44:13

Tidak ada komentar: