Kamis, 24 November 2011

PRESIDEN BAZAR PBB

INDONESIA MENJABAT PRESIDEN BAZAR PBB DI JENEWA

London 23/11 (ANTARA) - Indonesia untuk pertama kalinya dalam sejarah menjabat Presiden United Nations Women?s Guild (UNWG) Bazaar PBB di Jenewa mempromosikan makanan dan kerajinan tangan tradisional dari berbagai Negara.

Lista Damayanti Djani, istri Dubes /Wakil Tetap RI pada PBB dan Organisasi Internasional Lainnya di Jenewa Dian Triansyah Djani menjabat sebagai Presiden bazaar yang disponsori UNWG, suatu organisasi nirlaba bertujuan menghimpun dana bagi anak kurang mampu di berbagai belahan dunia.

Sekretaris Tiga PTRI Jenewa, Nanda Avalist, kepada ANTARA London, Rabu menyebutkaan Bazaar tahunan yang diadakan di gedung Palais des Nations, Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) di Jenewa.

United Nations Women?s Guild (UNWG) Bazaar dibuka dengan pengguntingan pita dan pemukulan gong oleh Direktur Jenderal UN Office in Geneva (UNOG) yang juga mantan Perdana Menteri Kazakhstan, Kassym-Jomart Tokayev, bersama Lista Damayanti Djani selaku Presiden Bazaar UNWG 2011.

Bazaar bertemakan "Meskipun Jauh, Namun Anda Selalu Dekat di Hati (Although Far, You Are Always in Our Heart)", dimulai dengan Tari Merak yang dibawakan Pudji Vuagniaux berbusana tari tradisional Indonesia dengan iringan musik gamelan, yang memukau hadirin dari kalangan diplomatik dan masyarakat Jenewa.

Presiden Bazaar dalam sambutannya secara khusus menyampaikan ucapan terima kasih kepada Garuda Indonesia dan kantor PTRI Jenewa yang menyediakan salah satu hadiah Doorprize/undian utama dari 200 hadiah yang disediakan bagi pemenang lotere, berupa tiket pesawat tujuan Jenewa-Amsterdam-Jenewa dan Amsterdam-Denpasar-Amsterdam.

Duta Besar/Wakil Tetap RI pada PBB dan Organisasi Internasional Lainnya di Jenewa, Dian Triansyah Djani, mengatakan kerjasama erat antara PTRI Jenewa dan Garuda Indonesia, melalui bazaar ini, merupakan salah satu upaya untuk mempromosikan Garuda Indonesia dan mensosialisasikan beroperasinya kembali penerbangan Garuda Indonesia ke benua Eropa.

Dalam penyelenggaraannya, Gedung PBB, Palais des Nations, tampil beda dengan aneka dekorasi dari 112 anjungan kerajinan dan makanan khas dari berbagai negara anggota PBB.

"Anjungan makanan dan kerajinan Indonesia yang dihias dan diawaki Dharma Wanita Persatuan PTRI dan Perutusan Tetap Republik Indonesia (PTRI) memadukan keanggunan batik dan tenun Indonesia dengan berbagai kerajinan tangan Nusantara, berhasil memukau dan mencuri perhatian pengunjung," ujar Lista Djani.

Bazaar UNWG tersebut dihadiri lebih dari 6000 pengunjung dari kalangan diplomatik, pengusaha maupun masyarakat Kota Jenewa itu merupakan kolaborasi antara organisasi wanita UN Women's Guild, kantor PBB di Jenewa, 85 perwakilan misi diplomatik di PBB, perusahaan-perusahaan ternama serta Pemda Kota Jenewa.

Dana yang dihimpun dari kegiatan serupa tahun lalu bernilai 300.000 Swiss Franc dan telah disalurkan ke 46 proyek di 67 negara.

Pada tahun 2011, Indonesia mendapatkan bantuan dana untuk proyek "Klinik Sehat" yang memberikan pelayanan pengobatan gratis bagi anak-anak dan ibu dari keluarga miskin senilai lebih dari Rp. 65 juta.***4***(ZG)

(T.H-ZG/B/S006/S006) 23-11-2011 04:58:12

Tidak ada komentar: