Minggu, 24 Mei 2015

MALANG

MALANG CARI PELUANG BISNIS DI BURGARIA

          Sofia, 4/5 (Antara) - Wali Kota Malang, Jawa Timur, M. Anton  melakukan kunjungan kerja ke Bulgaria dengan membawa lima pengusaha dalam rangka mencari peluang kerja sama dengan para pengusaha di Bulgaria, selain upaya menjadikan kota setempat menjadi "sister city" Kota Malang.

         Dalam 'Indonesia - Bulgaria Business Forum' yang bertemakan "Strengthening economi relation through optimizing bilateral trade," difasilitasi Kementerian Peradagangan dan KBRI di Sofia berlangsung di hotel Kempinski, Senin, Anton mengatakan Kota Malang hampir mirip dengan kota-kota di Bulgaria.

         Indonesia - Bulgaria Business Forum dihadiri sekitar 40 pengusaha Bulgaria dibuka Dubes RI untuk Sofia Bunyan Saptomo dan dihadiri Deputi Menteri Ekonomi Bulgaria Luben Petrov, Wali Kota Malang mengatakan seperti halnya Bulgaria yang dikelilingi pegunungan, Kota Malang juga dikeliling pegunungan dengan udara yang sejuk dan penduduk sekitar 850 ribu penduduk.

         Menurut M Anton, Malang juga dikenal sebagai kota pendidikan kota wisata dan kota industri yang berbasiskan industri masyarakat dalam upaya mengurangi pengangguran. Sebagai kota wisata, Malang tumbuh sebagai kota urbanisasi dengan pertumbuhan ekonomi yang cukup besar.

         Wali Kota pengharapkan dengan kehadiran misi dagang dari kota Malang, para pengusaha dari Malang akan dapat menjalin kerja sama dengan pengusaha di Bulgaria.

         "Saya ingin memperkenalkan Malang ke berbagai negara, khususnya Eropa Timur," ujar Wali Kota yang berencana melanjutkan kunjungan kerja ke Hungaria, Austria, Ceko, Kroasia dan Turki.

         Diharapkannya produk Kota Malang tidak hanya dikenal di dalam negeri, tetapi juga di dunia internasional, khususnya di Eropa Timur. Untuk itu, ia mengundang masyarakat dan juga pengusaha Bulgaria berkunjung ke Malang dan bisa menjalin kerja sama dengan para pengusahanya.

         Sementara itu Wali Kota M Anton juga mengatakan sebagai kota pendidikan, Malang memiliki lebih dari 50 perguruan tinggi negeri dan swasta dengan tercatat mahasiswa yang belajar 25 negara seperti Jepang, Jerman, Amerika.

         Selain sebagai kota pendidikan, Malang juga jadi berkembang sebagai kota indutri dengan membuat industri centre dengan menjalin kerja sama perguruan tinggi untuk membantu menciptakan kreativitas masyarakat.

         Berbagai produk kerajinan, busana, keramik, dari Malang juga sudah diekspor ke berbagai negara seperti Singapura, Malaysia dan Tiongkok, diharapkannya dengan kehadiran di Bulgaria maka produk industri Malang juga bisa masuk ke wilayah Eropa Timur.

         Sementara itu, Kepala Promosi Dinas Perindustrian dan Perdagangan Malang Tri Rudy Irawanto mengatakan, para pengusaha yang ikut dalam misi dagang ini di antaranya industri kontruksi, keramik, kerajinan 'glass painting' dan makanan ringan berupa keripik buah seperti keripik  buah apel, mangga, salak, nangka dan tempe Malang.

         Diharapkannya dengan kehadiran para pengusaha asal Kota Malang bisa memperoleh pasar di Bulgaria maupun di Eropa Timur, apalagi dengan akan diresmikannya "Indonesian Business Showroom" (IBS) di Kota Varna.

    ***3*** (T.ZG)
Chandra HN
(T.H-ZG/B/C. Hamdani/C. Hamdani) 04-05-2015 16:33:55

Tidak ada komentar: