Minggu, 24 Mei 2015

TOPENG BALI

TOPENG BALI MERIAHKAN MILAN EXPO PAVILIUN INDONESIA

         London,19/5 (Antara) - Empu tari topeng Bali I Made Djimat bersama aktor serba bisa warga negara Italia yang telah berguru kepada Djimat mendalami tari topeng Bali lebih 35 tahun, Enrico Maserolli, tampil memikat pengunjung Paviliun Indonesia.

        Minister Counsellor Pensosbud KBRI Roma, Nindarsari Utomo kepada Antara London, Selasa, mengatakan, kedua aktor telah menampilkan berbagai karakter tokoh dan orang biasa dengan berbagai profesi.

        Penampilan kostum tari dan topeng yang berganti-ganti, dipadu dengan gerakan ekspresif dan denting suara tabuhan alat musik gangsa, menjadi persembahan yang tampil beda dari suasana sekitarnya dan mendapat tepukan penonton, katanya.

        Pengunjung dapat melihat tontonan khas Indonesia dalam ekspresi Topeng Keras, Topeng Tua, Penasar, Topeng Dalem, Topeng Bonderes, Topeng penjual makanan dan minuman, Topeng Kera dan Topeng Gadis Nyoman Semariani yang menampikan ekspresi tokoh raja yang keras, orang tua yang bijaksana, orang biasa yang santai dan bebas berekspresi, hamba sahaya yang periang, orang gagap maupun gadis yang centil.

        Penampilan tersebut merupakan kerja sama dan kontribusi KBRI Roma dengan ITPC Milan dan KPBN serta Artha Graha memeriahkan acara Seni Budaya Paviliun Indonesia di World Expo Milano 2015.(ZG)
(T.H-ZG/B/J. Tarigan/J. Tarigan) 19-05-2015 05:53:11

Tidak ada komentar: