Jumat, 15 Januari 2016

ASEAN

DUBES AULIA PIMPIN KOMITE ASEAN DI PRAHA

 Zeynita Gibbons

 London, 15/1 (Antara) - Duta Besar RI Ceko, Dr Aulia Aman Rachman memperoleh kepercayaan memimpin "ASEAN Committee in Prague" (ACP) periode Januari - Juli mendatang, bertekad untuk gerakkan kerja sama perdagangan dengan Ceko.

 Penyerahan Keketuaan ACP diserah terimakan di Praha oleh Ketua ACP sebelumnya, Dubes Malaysia Nadzirah Osman, demikian Sekretaris Kedua Pensosbud KBRI Praha, Fitriyani Riduan kepada Antara London, Jumat.

 Acara serah terima disaksikan Duta Besar Thailand, Narong Sasitorn, Kepala Kanselerai Kedubes Filipina, Jedayang Jr, dan Wakil Kepala Perwakilan Kedubes Vietnam, Vu Van Minh.

 Duta Besar Aulia menyampaikan visinya untuk kepemimpinan hingga Juli 2016, yakni melebarkan fokus kegiatan dari diplomasi budaya ke diplomasi ekonomi.

 Pada Mei 2016 mendatang, Dubes Aulia akan pimpin kegiatan "Rountable Discussion" mengenai potensi berbisnis di negara ASEAN menyambut "ASEAN Economic Community" atau Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) bekerja sama dengan Kementerian Industri dan Perdagangan Ceko. ACP berdiri pada tahun 2013, beranggotakan lima Kedubes ASEAN yang ada di Praha, Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina dan Vietnam.

Kegiatan ACP yang cukup menonjol yakni Festival Film ASEAN dan promosi kuliner negara ASEAN di Pasar Petani terbesar di Ceko. ***2*** (T.ZG) (T.H-ZG/B/C. Hamdani/C. Hamdani) 15-01-2016 16:13:06


Tidak ada komentar: