Jumat, 29 Januari 2016

MADRID

Promosi Wonderful Indonesia di FITUR Madrid peroleh 300 trasaksi
Jumat, 29 Januari 2016 05:15 WIB - 3.178 Views

Pewarta: Zeynita Gibbons

Wonderful Indonesia (grafis)

London (ANTARA News) - Industri pariwisata yang mengusung Wonderful Indonesia di Pameran Pariwisata Internasional FITUR ke-36 (Feria Internacional de Turismo) di Madrid, berhasil memperoleh sekitar 300 transaksi.

Selain itu paviliun Indonesia yang mempromosikan Pariwisata Indonesia kepada pasar internasional, KBRI Madrid bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dikunjungi sekitar 1.000 orang setiap harinya yang bertanya tentang 10 destinasi wisata, demikian keterangan KBRI London, yang diterima Antara London, Jumat.

Direktur Pengembangan Pemasaran Wilayah Eropa, Amerika, Timur Tengah dan Afrika, Nia Niscaya dan Direktur Pemasaran dan Komunikasi Internasional, Noviendi Makalam mengatakan Kementerian Pariwisata kembali berpartisipasi setelah absen sejak FITUR 2012.

Indonesia mempromosikan 10 destinasi baru meliputi Danau Toba di Sumatera Utara, Gunung Bromo di Jawa Timur, Mandalika Tenggara di Nusa Tenggara Barat, Tanjung Lesung di Banten, Morotai di Maluku, Kepulauan Seribu di DKI Jakarta, Yogyakarta, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, Wakatobi di Sulawesi Tenggara, dan Pulau Belitung di Bangka Belitung.

Menyambut kembalinya Indonesia pada FITUR 2016, penyelenggara, IFEMA, memuat wawancara dengan Menteri Pariwisata Indonesia, Dr. Ir. Arief Yahya MSc pada halaman pertama edisi pertama Majalah FITUR 2016.

Stand Indonesia mengangkat tema "Wonderful Indonesia" menarik perhatian kalangan profesional dan masyarakat umum yang menganggumi penampilan tim Banyuwangi Ethno Carnival dan menikmati penyajian kopi produksi Indonesia, serta undian berhadiah yang diadakan PT. Bali Catur Cemerlang dengan hadiah paket wisata ke Taman Nasional Tanjung Puting Kalimantan, diikuti 526 pengunjung.

FITUR merupakan Pameran Pariwisata Internasional terbesar nomor ketiga di dunia setelah ITB Berlin dan World Travel Market London. Jumlah peserta dan pengunjung FITUR 2016 meningkat empat persen dibandingkan FITUR 2015.

FITUR diikuti 165 negara sementara tour operator mencapai 9.605 (internasional dan lokal Spanyol), serta 711 perusahaan yang memamerkan produksinya. Terdapat pula 178 perusahaan yang baru pertama kali berpartisipasi di FITUR.

Pengunjung FITUR 2016 mengalami kenaikan sebesar enam persen dibandingkan FITUR 2015, tercatat jumlah pengunjung mencapai 231.872 orang, dimana 124.659 pengunjung kalangan profesional atau pelaku bisnis industri pariwisata internasional dan lokal Spanyol. Pertemuan bisnis tercatat mencapai 6.200.

Menurut data pihak IFEMA, ajang pameran internasional memberikan keuntungan ekonomi bagi Kota Madrid sebesar 210 juta Euro dan mendapatkan liputan media massa yang sangat luas, oleh 7.083 jurnalis dari 48 negara termasuk Media nasional Indonesia yang secara langsung meliput ke Madrid.

Tidak ada komentar: