Jumat, 29 Januari 2016

MADAGASKAR

KBRI ANTANANARIVO TANAM LENGKUAS DI MADAGASKAR
     Zeynita Gibbons

    London, 28/1 (Antara) - Kuasa Usaha Tetap RI di Antananarivo, Artanto S. Wargadinata memperkenalkan tanaman lengkuas kepada Menteri Luar Negeri Madagaskar, Atallah Béatrice dalam acara reboisasi yang dilakukan di Imerintsiatosika, Madagaskar.

         Kementerian luar negeri Madagaskar mengadakan program penghijauan bersama perwakilan asing di Madagaskar termasuk keluarga besar KBRI Antananarivo, demikian Staf KBRI Antananarivo, Madagaskar, Rakotondrina Barnabé kepada Antara London, Kamis.

         Menlu Atallah Béatrice menyampaikan penanaman pohon merupakan tugas bersama. Dengan melakukan penghijauan membantu melindungi lingkungan serta pembangunan berkelanjutan Madagaskar.

         Dikatakannya perubahan iklim merupakan salah satu dampak negatif deforestasi yang menyebabkan berbagai penyakit dan kematian serta kerusakan lingkungan. Selain menanggulangi bencana banjir, tanah longsor, kekeringan dan bencana alam reboisasi dan rehabilitasi lahan akan dapat mengatasi perubahan iklim, ujarnya.

         Menlu Atallah Béatrice mengakui dengan kehadiran masyarakat internasional dalam acara penanaman pohon membuktikan kerja sama dengan pemerintah Madagaskar semakin meningkat.

         Dalam acara penanaman pohon KBRI Antananarivo memperkenalkan tanaman Lengkuas (Alpinia galangal) dan Kedelai Hitam Indonesia (varietas Glycine max (L) Merrit) yang bermanfaat untuk penyembuhan penyakit dan juga menjadi makanan bergizi. Kedua tanaman dari Indonesia itu ditanam secara tumpang sari di Imerintsiatosika bersama tananaman pokok Eucaliptus dari Kemlu Madagaskar. (ZG) ***2***
(T.H-ZG/B/T. Susilo/T. Susilo) 28-01-2016 06:00:23

Tidak ada komentar: