Jumat, 08 Januari 2016

DOHA

Indonesia gelar ASEAN Night di Doha

 - 0 Views
Reporter: 
Indonesia gelar ASEAN Night di Doha
Deddy Saiful Hadi. (facebook.com)
London (ANTARA News) - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Doha, Qatar, menggelar Malam ASEAN (ASEAN Night)  yang merupakan puncak dari seluruh rangkaian kegiatan Komite ASEAN (ACD) selama tahun 2015.

Duta Besar RI di Doha, Deddy Saiful Hadi, selaku Ketua ACD 2015 menandai ASEAN Night itu dengan menyerahkan bendera ASEAN kepada Dubes Singapura di Doha, Wong Kwok Pun, yang akan meneruskan sebagai Ketua ACD 2016.

Acara yang digelar di Wisma Duta Indonesia itu  menjadi agenda akhir tahun ASEAN Committee in Doha (ACD), setelah yang pertama dilakukan oleh Kedubes Brunei Darussalam dikediaman duta besarnya, demikian Konsuler Politik KBRI Doha, Boy Dharmawan, kepada ANTARA News London, Jumat.

Dikatakannya, acara melibatkan staf kedutaan besar negara anggota Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) di Doha, yakni Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam yang tergabung dalam ACD.

ASEAN Night 2015 juga dihadiri dubes negara sahabat, seperti Inggris, Jepang, China, Tajikistan dan Palestina.

Kegiatan ASEAN Night juga dihadiri GM Intercontinental Hotel dan GM Sealine Beach Resort yang merupakan diaspora Indonesia karena istrinya dari Indonesia.

Acara itu juga dimeriahkan pemberian hadian kejuaraan ASEAN Golf Tournament dan perpisahan dengan Dubes Thailand, Piroon Laismit, dan promosi makanan khas Indonesia.

Dubes Deddy menyampaikan terima kepada seluruh keluarga besar ASEAN atas kerja sama selama tahun 2015.

Dikatakannya, ACD berhasil melakukan diplomasi banyak jalur (multi-track diplomacy) guna meningkatkan hubungan dan kerja sama dengan Qatar, terutama di bidang sosial dan budaya.

Selama 2015 ACD berhasil meningkatkan kesadaran tentang ASEAN kepada masyarakat Qatar dan kalangan internasional di Qatar melalui berbagai program sosial budaya dan olahraga, ujarnya.

Salah satu capaian Indonesia yang menonjol sebagai Ketua ASEAN Committee 2015 adalah penyelenggaraan ASEAN Festival 2015, setelah hampir dua tahun rencana ini tertunda.

ASEAN Festival 2015 selenggarakan di Katara Cultural Village pada April 2015, yang mampu menyedot pengunjung hampir 40.000 orang menyaksikan berbagai seni , terutama tari dan musik tradisional, serta kuliner maupun kerajinan tangan khas dari masing-masing negara ASEAN.

Deddy yang akan mengakhiri tugasnya pada Januari 2016 juga menyampaikan apresiasi kepada Boy Dharmawan, Consouller Politik KBRI Doha, selaku penerus Ketua ACD-Working Group, Staff KBRI Doha, Diaspora Indonesia di Qatar maupun rekan ASEAN lainnya yang membantu keketuaan Indonesia mempromosikan budaya negara ASEAN pada masyarakat lokal dan internasional di Qatar.

Tidak ada komentar: