Rabu, 21 Januari 2015

AGI

AGI ITALIA INGIN KERJA SAMA DENGAN ANTARA

          London, 21/1 (Antara) - Kantor Berita Utama Italia AGI menyatakan keinginannya untuk menjalin kerjasama dengan Kantor Berita ANTARA di Indonesia dalam rangka memenuhi kebutuhan akan berbagai informasi yang dinilai sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat Italia.

         Hal itu diungkapkan Wakil dari Kantor Berita Italian Journalist Agency (AGI) dalam  acara "Meet The Press" yang diadakan KBRI Roma bertempat di Wisma Duta KBRI Roma, Selasa, demikian menurut Minister Counsellor KBRI Roma, Nindarsari Utomo kepada Antara London, Rabu.

        Acara "Meet the Press" dengan tema Indonesia Update 2015 itu juga  dihadiri oleh 32 perwakilan dari dari berbagai media utama Italia diantaranya RAI Radio Uno, SKH La Reppublica, majalah pariwisata Dove, Duta Besar Islamic Religious Community of Italy, Asosiasi Persahabatan Indonesia Italia, jurnalis fashion, Europe Journal serta para pelaku dunia usaha di bidang pariwisata.

        Dalam kesempatan tersebut Dubes Besar August Parengkuan mengucapkan terima kasih kepada dua orang Italia yang telah memberikan kontribusinya terhadap Indonesia yakni Vanni Pucioni dalam rangka rekonstruksi Nias setelah gempa tsunami serta Naima Morelli atas penulisan buku berjudul Indonesian Contemporary Art.

         Dubes juga menyampaikan visi misi dan program Presiden Joko Widodo dalam menjalankan pemerintahan lima tahun kedepan yang ingin menjadikan Indonesia sebagai negara poros maritim dunia, dengan menggunakan prinsip Tri Sakti yaitu memiliki politik yang berdaulat, ekonomi yang independen serta kebudayaan yang berkarakter serta sembilan program (Nawacita).

        "Pemerintah akan meningkatkan peran negara dalam melindungi warga negara Indonesia, memperkuat diplomasi ekonomi dan menjaga keutuhan wilayah NKRI berdasarkan saling menghormati dengan semua negara," demikian Dubes dalam sambutannya.

         August juga menjelaskan mengenai kondisi politik dan ekonomi Indonesia yang stabil serta iklim investasi yang semakin bersaing.

         Khusus di bidang investasi, Dubes  menyampaikan bahwa salah satu agenda program pemerintahan Joko Widodo adalah membuka peluang kepada investor asing untuk melakukan investasi di Indonesia terutama di bidang infrastruktur dan konektivitas di bidang kelautan.

         Dubes mengimbau pengusaha Italia yang sudah terkenal memiliki keahlian yang lebih dalam hal mengembangkan infrastruktur di bidang kelautan dan memiliki banyak pelabuhan yang sudah berstandar internasional untuk menangkap peluang tersebut.

        Dikatakannya saat ini pemerintah Indonesia memiliki komitmen yang kuat dalam mempersingkat proses birokrasi investasi kepada investor asing yang ingin mananamkan modalnya di Indonesia.

        Sedangkan dalam rangka meningkatkan persahabatan antara masyarakat Indonesia dan Italia, berbagai program pertukaran mahasiswa antar perguruan tinggi di Italia dan Indonesia diadakan, begitu pula beasiswa yang ditawarkan pemerintah Indonesia kepada mahasiswa Italia maupun sebaliknya serta berbagai program sosial budaya yang dilakukan baik di negara Indonesia maupun negara Italia.

        August juga mempromosikan dunia pariwisata di Indonesia, berbagai macam kekayaan tempat berwisata Indonesia yang menjadi daya tarik tersendiri bagi turis asing termasuk turis dari Italia.***4***(T.H-ZG/C/A. Novarina/A. Novarina) 21-01-2015 16:25:36

Tidak ada komentar: